LOVEPINK Kembali Gelar Indonesia Goes Pink 2018

Oleh : Dina Astria | Jumat, 27 April 2018 - 13:13 WIB

LOVEPINK kembali menggelar Indonesia Goes Pink (IGP) 2018
LOVEPINK kembali menggelar Indonesia Goes Pink (IGP) 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai kelanjutan dari komitmen LOVEPINK dalam menyuarakan kampanye sadar kanker payudara, pada hari ini LOVEPINK mengumumkan akan menggelar kegiatan tahunannya, Indonesia Goes Pink (IGP) 2018, yang akan berlangsung di Mall @Alam Sutera, Tangerang pada tanggal 14 Oktober 2018.

IGP adalah kegiatan tahunan yang diusung LOVEPINK setiap bulan Oktober yang merupakan bulan sadar kanker payudara sedunia, sebagai wadah untuk membangun kesadaran publik untuk melakukan deteksi dini melalui Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). Rangkaian aktivitas IGP 2018 terdiri Pink Run 10K, 5K, dan aktivitas baru, yaitu Pink Run for Kids (berjarak sekitar 2K) serta Pink Walk bagi para warriors dan survivors, serta keluarga dan teman yang ingin mendukung perjuangan mereka untuk terbebas dari kanker payudara.

Jika sebelumnya kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor satu pada perempuan berusia 40-55 tahun, kini kanker payudara mengalami pergerakan ke arah pasien muda berusia 30-an.  (berdasarkan potret penderita kanker payudara di Jakarta yang diperoleh dari hasil survei LOVEPINK tahun 2017). Tidak hanya perempuan, kanker payudara juga dapat menyerang lelaki. Kanker payudara saat ini tidak bisa dicegah, namun hanya bisa dideteksi dini dengan SADARI dan SADANIS untuk meningkatkan peluang pemulihan dari penyakit tersebut.

Madelina Mutia, salah satu pendiri LOVEPINK mengatakan, “Berdasarkan data, usia anggota kami semakin muda dalam beberapa tahun terakhir, hal ini menandakan kanker payudara bukan lagi penyakit untuk perempuan usia matang; ditambah lagi dengan berbagai tantangan yang dihadapi dalam pengobatan pasien, disinyalir bahwa Indonesia dalam keadaan darurat kanker payudara.”

Untuk menggencarkan kesadaran deteksi dini itulah, maka IGP tahun ini menargetkan partisipasi para lelaki untuk memberikan dukungan kepada kaum perempuan dan khususnya anak muda agar rutinitas SADARI dan SADANIS terbentuk sejak dini. Muti menjelaskan, “Dengan pergerakan pasien kanker payudara ke usia yang lebih muda, kami membutuhkan dukungan para pria dan anak muda untuk terus menyebarluaskan pesan SADARI dan SADANIS kepada kaum perempuan. Dukungan dari suami, kerabat, teman dan anak sangat penting untuk mengubah sikap perempuan Indonesia yang selama ini masih takut atau enggan melakukan cek rutin.”

Fertina Tarasari, Ketua IGP Pink Run mengatakan, “Kegiatan IGP tahun lalu di Bali mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi. Kami menerima pendaftaran dari peserta luar negeri. Tahun ini, kami kembali menggelar aktivitas Pink Run dan Fun Walk serta aktivitas baru Pink Run for Kids untuk menyampaikan pesan hidup sehat dan terus berjuang sampai garis finish tanpa pandang usia. Kami berharap keterlibatan anak-anak dalam acara ini juga sekaligus menyemangati para warriors dan survivors. Sosok ibu adalah seorang ‘hero’ di mata anak, dan demi anaklah seorang ibu siap bangkit berjuang melawan penyakitnya untuk mengambil alih hidupnya.”

Biaya registrasi Pink Run adalah Rp 200.000 untuk Kids Run, Rp  300.000  untuk 5K dan  Rp 350.000 untuk 10K. Untuk Informasi acara dan pendaftaran dapat dilakukan melalui www.indonesiagoespink.com yang telah dibuka sejak tanggal 28 April 2018 sampai 15 September 2018. Untuk pendaftaran sampai dengan tanggal 31 Mei 2018, akan diberikan  harga khusus (early bird) yaitu Rp 175.000 untuk Kids Run, Rp 275.000 untuk 5K dan Rp 325.000 untuk 10K sedangkan biaya registrasi bagi peserta Fun Walk adalah Rp 50.000.

Ch. Rossie Andriani, Marketing Planning & Development Division Head PT Alfa Goldland Realty mengatakan, “Salah satu visi PT Alam Sutera Realty Tbk adalah selalu berkontribusi dalam meningkatkan kehidupan manusia khususnya menyediakan ruang untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Alam Sutera senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan hidup sehat, salah satunya Indonesia Goes Pink 2018 yang selain memiliki aspek kesehatan juga memilki aspek sosial. Kegiatan lari ini bertujuan untuk memberi dukungan kepada para wanita dengan kanker payudara. Kegiatan ini juga merupakan event lari ke-4 sebagai wujud kepedulian Alam Sutera terhadap masyarakat khususnya untuk penyakit kanker. Alam Sutera mengajak masyarakat untuk turut menjalani kehidupan yang lebih sehat, berbagi dan memberikan kehangatan serta kebahagiaan bagi orang-orang yang membutuhkan”.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…