Ketum Kadin: Saat Ini Waktu yang Tepat Beli Properti

Oleh : Ridwan | Kamis, 26 April 2018 - 20:10 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P Roslani dan pengurus lainnya. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Kadin Rosan P Roslani dan pengurus lainnya. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Stigma bahwa generasi milenial enggan membeli properti kian berkembang akhir-akhir ini. Melihat Kondisi itu, Kamar Dagang (Kadin) Indonesia mengadakan acara Ngobrol Properti (NGOPI). Bertajuk Kapan Beli Properti acara ini diselenggarakan untuk memberikan jawaban atas problematika tersebut. Kamis, (26/4/2018).

Bertempat di 57 Promenade, Graha Niaga Thamrin, Jakarta acara tersebut mempertemukan generasi milenial dengan para pelaku industri di bidang properti, perbankan, dan fintech serta perwakilan dari perumus kebijakan.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti, Hendro Gondokusumo mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mendengar dan berdiskusi dengan generasi milenial secara langsung terkait kendala-kendala yang dihadapi mereka dalam membeli properti.

Forum edukasi ini diharapkan dapat memberikan solusi taktis untuk membantu generasi milenial untuk memiliki dan berinvestasi properti, katanya.

Sementara itu, menurut Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roesli saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli properti. Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, pembangunan infrastrukstur yang intensif dan pebaikan peringkat kemudahan berbisnis memberikan harapan pada pasar properti untuk terus bertumbuh.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengembang bisnis properti untuk semakin cermat dalam melihat peluang dan membaca permintaan pasar khususnya generasi milenial yang biasanya menginginkan friendly, flexibility payment dan affordable, ujar Rosan dalam sambutannya.

Rosan menambahkan, tantangan bagi pengembang properti adalah orientasi pengembangan harus mengarah kepada produk properti yang bisa dijangkau oleh pasar generasi milenial. Apalagi segmen ini berpotensi untuk terus tumbuh hingga sepuluh tahun mendatang sehingga berpengaruh terhadap industri ini.

Bank-bank pemberi kredit perumahan harus membuka diri agar bisa diakses oleh generasi milenial karena kemampuan generasi ini dalam membeli properti maksimal Rp1 miliar, di mana 17% di antaranya baru mampu membeli rumah dengan harga di atas Rp300juta.

Hal ini karena rata-rata penghasilan mereka sebesar Rp3-6 juta, sedangkan untuk membeli rumah seharga Rp300juta, dibutuhkan income minimal Rp7,5 juta per bulan.

Diharapkan masalah generasi milenial ini bisa akomodir oleh pemerintah, sehingga bisa diterbitkan kebijakan yang mendukung generasi milenial untuk bisa memiliki properti, pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…