Sucofindo Raih Revolusi Mental Award BUMN 2018

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 26 April 2018 - 19:00 WIB

PT Sucofindo Persero (Foto ist)
PT Sucofindo Persero (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Sucofindo (Persero)  meraih penghargaan pada Revolusi Mental Award BUMN 2018 untuk perusahaan BUMN dengan kategori BUMN Bersih Terbaik di Jakarta  (25/4/2018). Pada ajang tersebut Direktur Utama PT Sucofindo (Persero ), Bachder Djohan Buddin juga mendapat apresiasi sebagai Best Leader Revolusi Mental Aplikasi dan Program Kerja Revolusi Mental Terbaik.

Penjurian dilakukan oleh Dewan Pakar BUMN Track, akademisi, dan pimpinan media, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang didaulat sebagai Juri Kehormatan.

“Penerapan nilai-nilai revolusi mental di perusahaan adalah dalam rangka mencapai budaya kinerja unggul. Kami akan terus pupuk dan kembangkan hal tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan,” kata Bachder usai penganugerahan Revolusi Mental Award BUMN 2018 yang dihelat oleh Majalah BUMN Track.

Penghargaan ini merupakan bentuk dari program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an sebagai tiga pilar Trisakti. “Dengan adanya ajang ini mampu mengapresiasi dan mengevaluasi sejauh mana BUMN dan Anak Perusahaan BUMN mengimplentasikan program Revolusi Mental,” kata Ketua Dewan Juri Sugiharto, Menteri BUMN periode 2004-2007.  Tak hanya itu, Sugiharto pun berharap kegiatan ini mampu memberikan motivasi bagi  BUMN dan Anak Perusahaan BUMN untuk tetap berkomitmen menjalankan Revolusi Mental.

Penilaian ini berdasarkan implementasi nilai-nilai Revolusi Mental yang  ditetapkan 5 (lima) gerakan perubahan, yaitu gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Berdasarkan 5 (lima) gerakan perubahan tersebut, PT SUCOFINDO (PERSERO) juga telah menerapkan di tiap aspek perusahaan, baik di internal maupun untuk eksternal, seperti membantu pemerintah dan masyarakat, dengan memberikan layanan jasa yang turut mendorong nilai-nilai GNRM. Salah satunya melalui layanan jasa CSR berbasis ISO  26000. “Layanan jasa ini menyediakan jasa sertifikasi layanan CSR yang dilakukan guna memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR,” kata Bachder.

Sebagai bentuk peran PT SUCOFINDO (PERSERO) dalam memberikan perlindungan konsumen, PT SUCOFINDO (PERSERO) menawarkan layanan jasa SNI untuk Komoditas dan Produk Konsumen. Didalamnya terdapat upaya mendorong kemandirian bangsa dengan melakukan pembinaan dan sertifikasi produk untuk IKM dan UKM.

Selain itu, guna mendukung pemerintah dalam penggunaan produk dalam negeri, PT SUCOFINDO (PERSERO) memiliki  jasa pada verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). “Dengan jasa TKDN ini juga mampu membatasi penggunaan produk luar,” kata Bachder. Salah satu layanan terbaru PT SUCOFINDO (PERSERO), yaitu untuk verifikasi kandungan dalam negeri dalam perangkat telekomunikasi pada telepon seluler.  Dalam hal ini Sucofindo juga memiliki laboratorium pengujian radio frekuensi dan menginisiasi pembuatan regulasi untuk laboratorium pengujian keselamatan dan kesehatan pada perangkat telekomunikasi.

Tercatat pada tahun 2017 PT SUCOFINDO (PERSERO) mengalami kenaikan pendapatan operasi, yaitu sebesar 2,037 triliun lebih besar dibanding tahun 2016, yaitu 1,86 triliun atau dengan persentase kenaikan 9,5 %.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…