Mencicipi Lezatnya Kreco Kuliner Khas Warga Ranu Klakah, Lumajang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 17:00 WIB

Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)
Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Berbicara tentang kuliner khas nusantara, Indonesia kaya akan beraneka ragam rasa cita rasa otentil yang ditampilkan tiap ragam masakan ditiap daerah. Salah satunya yaitu di kawasan Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Namanya Kreco, kuliner ini merupakan keong kecil yang biasanya hidup dan menempel di tepi-tepi Ranu Klakah. Hal dikatakan oleh Zaki Zulkarnaen, Seksi Kuliner Kelompok Sadar Wisata Ranu Klakah, Lumajang, Jawa Timur.

"Kreco merupakan keong kecil yang biasanya menempel di tepi-tepi Ranu Klakah," katanya saat ditemui di Ranu Klakah, Lumajang, Senin (9/4/2018).

Biasanya, para penduduk di sekitaran ranu mengambilnya dan dijadikan makanan para warga. Untuk penangkap Kreco, para warga menangkapnya dengan perangkap.

"Biasanya Kami taruh daun kelapa di dalam danau semalaman, nanti Kreco akan menempel dan baru paginya diambil," jelas Zulakrnaen.

Untuk menikmati Kreco, berbagai olahan bisa dibuat seperti dioseng, dipepes menggunakan parutan kelapa ataupun direbus dengan bumbu rempah. Biasanya, makanan ini disebut oleh warga sekitaran Danau Klakah menyebutnya Sayur Kuah Kunci.

"Kalau mau dijadikan sayur, kreco direndam dulu dengan takaran satu mangkong air untuk seperempat kilo kreco. Direndam selama sehari semalam, cangkang bagian belakang dibuang dulu agar kotoran keluar semua. Lalu, dimasak cangkangnya direbus. Sementara, kalau dioseng, bagian dalamnya saja tidak direbus tinggal diongseng. bahan-bahannya pakai lada, bawang putih, pala, merica dan kunyit sedikit untuk menghilangkan bau amis," pungkasnya.

Bagi Kamu yang penasaran ingin mencicipi kreco, Kamu bisa menemukan di warung apung yang berada di tepi Danau Klakah. Untuk harga, Kamu cukup membayar Rp12 ribu untuk per kilogramnya saja.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi…

Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA Nasional), saat berbicara di acara Forum Promoter 2018 Polri yang membahas tema Solusi Menuju Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur Melalui Ketahanan Pangan, Rabu, 23 Mei 2018

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:35 WIB

Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia Pada 2045

Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara. Pangan memiliki…

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:33 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Era globalisasi dan makin terbukanya Indonesia bagi pasar asing menuntut lulusan perguruan tinggi di Indonesia memahami tantangan dan tuntutan bisnis saat ini sehingga mampu bersaing. Potensi…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:00 WIB

BSDE Anggarkan Belanja Modal Rp6 Triliun di 2018

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menganggarkan Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar Rp4 triliun-Rp6 triliun pada tahun 2018.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan…