Mencicipi Lezatnya Kreco Kuliner Khas Warga Ranu Klakah, Lumajang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 17:00 WIB

Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)
Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Berbicara tentang kuliner khas nusantara, Indonesia kaya akan beraneka ragam rasa cita rasa otentil yang ditampilkan tiap ragam masakan ditiap daerah. Salah satunya yaitu di kawasan Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Namanya Kreco, kuliner ini merupakan keong kecil yang biasanya hidup dan menempel di tepi-tepi Ranu Klakah. Hal dikatakan oleh Zaki Zulkarnaen, Seksi Kuliner Kelompok Sadar Wisata Ranu Klakah, Lumajang, Jawa Timur.

"Kreco merupakan keong kecil yang biasanya menempel di tepi-tepi Ranu Klakah," katanya saat ditemui di Ranu Klakah, Lumajang, Senin (9/4/2018).

Biasanya, para penduduk di sekitaran ranu mengambilnya dan dijadikan makanan para warga. Untuk penangkap Kreco, para warga menangkapnya dengan perangkap.

"Biasanya Kami taruh daun kelapa di dalam danau semalaman, nanti Kreco akan menempel dan baru paginya diambil," jelas Zulakrnaen.

Untuk menikmati Kreco, berbagai olahan bisa dibuat seperti dioseng, dipepes menggunakan parutan kelapa ataupun direbus dengan bumbu rempah. Biasanya, makanan ini disebut oleh warga sekitaran Danau Klakah menyebutnya Sayur Kuah Kunci.

"Kalau mau dijadikan sayur, kreco direndam dulu dengan takaran satu mangkong air untuk seperempat kilo kreco. Direndam selama sehari semalam, cangkang bagian belakang dibuang dulu agar kotoran keluar semua. Lalu, dimasak cangkangnya direbus. Sementara, kalau dioseng, bagian dalamnya saja tidak direbus tinggal diongseng. bahan-bahannya pakai lada, bawang putih, pala, merica dan kunyit sedikit untuk menghilangkan bau amis," pungkasnya.

Bagi Kamu yang penasaran ingin mencicipi kreco, Kamu bisa menemukan di warung apung yang berada di tepi Danau Klakah. Untuk harga, Kamu cukup membayar Rp12 ribu untuk per kilogramnya saja.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…

BTPN Syariah (Foto MediaIndonesia)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:40 WIB

Pembiayaan BTPN Syariah Tumbuh 19,1 Persen

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) hingga akhir Juni 2018 membukukan pembiayaan Rp6,87 triliun, tumbuh 19,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya…