Mencicipi Lezatnya Kreco Kuliner Khas Warga Ranu Klakah, Lumajang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 17:00 WIB

Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)
Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Berbicara tentang kuliner khas nusantara, Indonesia kaya akan beraneka ragam rasa cita rasa otentil yang ditampilkan tiap ragam masakan ditiap daerah. Salah satunya yaitu di kawasan Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Namanya Kreco, kuliner ini merupakan keong kecil yang biasanya hidup dan menempel di tepi-tepi Ranu Klakah. Hal dikatakan oleh Zaki Zulkarnaen, Seksi Kuliner Kelompok Sadar Wisata Ranu Klakah, Lumajang, Jawa Timur.

"Kreco merupakan keong kecil yang biasanya menempel di tepi-tepi Ranu Klakah," katanya saat ditemui di Ranu Klakah, Lumajang, Senin (9/4/2018).

Biasanya, para penduduk di sekitaran ranu mengambilnya dan dijadikan makanan para warga. Untuk penangkap Kreco, para warga menangkapnya dengan perangkap.

"Biasanya Kami taruh daun kelapa di dalam danau semalaman, nanti Kreco akan menempel dan baru paginya diambil," jelas Zulakrnaen.

Untuk menikmati Kreco, berbagai olahan bisa dibuat seperti dioseng, dipepes menggunakan parutan kelapa ataupun direbus dengan bumbu rempah. Biasanya, makanan ini disebut oleh warga sekitaran Danau Klakah menyebutnya Sayur Kuah Kunci.

"Kalau mau dijadikan sayur, kreco direndam dulu dengan takaran satu mangkong air untuk seperempat kilo kreco. Direndam selama sehari semalam, cangkang bagian belakang dibuang dulu agar kotoran keluar semua. Lalu, dimasak cangkangnya direbus. Sementara, kalau dioseng, bagian dalamnya saja tidak direbus tinggal diongseng. bahan-bahannya pakai lada, bawang putih, pala, merica dan kunyit sedikit untuk menghilangkan bau amis," pungkasnya.

Bagi Kamu yang penasaran ingin mencicipi kreco, Kamu bisa menemukan di warung apung yang berada di tepi Danau Klakah. Untuk harga, Kamu cukup membayar Rp12 ribu untuk per kilogramnya saja.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…