Mencicipi Lezatnya Kreco Kuliner Khas Warga Ranu Klakah, Lumajang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 17:00 WIB

Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)
Kreco Kuliner Khas Warga Setempat di Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Dok. Forum Pariwisata Indonesia)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Berbicara tentang kuliner khas nusantara, Indonesia kaya akan beraneka ragam rasa cita rasa otentil yang ditampilkan tiap ragam masakan ditiap daerah. Salah satunya yaitu di kawasan Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Namanya Kreco, kuliner ini merupakan keong kecil yang biasanya hidup dan menempel di tepi-tepi Ranu Klakah. Hal dikatakan oleh Zaki Zulkarnaen, Seksi Kuliner Kelompok Sadar Wisata Ranu Klakah, Lumajang, Jawa Timur.

"Kreco merupakan keong kecil yang biasanya menempel di tepi-tepi Ranu Klakah," katanya saat ditemui di Ranu Klakah, Lumajang, Senin (9/4/2018).

Biasanya, para penduduk di sekitaran ranu mengambilnya dan dijadikan makanan para warga. Untuk penangkap Kreco, para warga menangkapnya dengan perangkap.

"Biasanya Kami taruh daun kelapa di dalam danau semalaman, nanti Kreco akan menempel dan baru paginya diambil," jelas Zulakrnaen.

Untuk menikmati Kreco, berbagai olahan bisa dibuat seperti dioseng, dipepes menggunakan parutan kelapa ataupun direbus dengan bumbu rempah. Biasanya, makanan ini disebut oleh warga sekitaran Danau Klakah menyebutnya Sayur Kuah Kunci.

"Kalau mau dijadikan sayur, kreco direndam dulu dengan takaran satu mangkong air untuk seperempat kilo kreco. Direndam selama sehari semalam, cangkang bagian belakang dibuang dulu agar kotoran keluar semua. Lalu, dimasak cangkangnya direbus. Sementara, kalau dioseng, bagian dalamnya saja tidak direbus tinggal diongseng. bahan-bahannya pakai lada, bawang putih, pala, merica dan kunyit sedikit untuk menghilangkan bau amis," pungkasnya.

Bagi Kamu yang penasaran ingin mencicipi kreco, Kamu bisa menemukan di warung apung yang berada di tepi Danau Klakah. Untuk harga, Kamu cukup membayar Rp12 ribu untuk per kilogramnya saja.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Senin, 10 Desember 2018 - 09:17 WIB

Anggaran Turun 12 T , Produksi Dan Ekspor Pertanian Melonjak

Jakarta - Seiring dengan kebijakan penghematan APBN, anggaran Kementan pada 2015 sebesar Rp 34 triliun, dan dipangkas Rp 12 triliun sejak 2016 sampai 2018 ini.

Lenovo perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Senin, 10 Desember 2018 - 09:10 WIB

Dukung Ekonomi Kreatif di Indonesia, Lenovo Perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Lenovo resmi memperkenalkan laptop premium terbaru dari keluarga Lenovo Yoga, yaitu Yoga C930 dan S730. Kedua laptop ini diciptakan dengan menggabungkan inovasi dan desain, dilengkapi berbagai…

Kebun Nanas (FotoDok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:44 WIB

Nanas Kediri Jatim Miliki Nilai Ekonomi Tinggi

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menggerakkan sentra nanas di Kediri, Jawa Timur, karena memiliki nilai ekonomi tinggi, baik untuk konsumsi maupun sebagai produk ekspor.

drg. Rian Hermawan Siloam Buton (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:40 WIB

Siloam Hospitals Buton Lakukan Seminar Pentingnya Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Secara Berkala

Kesadaran sebagian masyarakat kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih tergolong sangat kurang. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 penduduk Indonesia yang…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:36 WIB

Go-Life #SiapBantuin Pengguna Lebih Produktif Melalui Hari Bolos Nasional

Layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, Gojek melalui Go-Life kembali #SiapBantuin para pengguna menyambut Harbolnas 2018 melalui peluncuran kampanye #SiapBantuin Hari Bolos…