Mengapa Donat Berbentuk Bulat? Begini Sejarahnya Loh!

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 15:00 WIB

Kue Donat (Istimewa)
Kue Donat (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Jajanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para penikmat kuliner di Indonesia, yaitu donat. Kuliner ini, sangat digemari oleh para kalangan mulai dari yang muda, hingga yang tua. Camilan manis ini, sangat populer menjadi teman untuk hanya sekedar meminum teh ataupun secangkir kopi di pagi atau sore hari.

Seiring berkembangnya beraneka ragam kuliner di Indonesia, donat sudah banyak mengalami perubahan, dan dimodifikasi menjadi camilan yang semakin digemari oleh semua kalangan. Mulai dari toping yang berupa cokelat butir, es krim atau lapisan gula.

Tetapi, pernahkan Kamu berpikir mengapa donat memiliki bentuk yang unik? yaitu berbentuk bulat namun di tengahnya terdapat lubang. Lalu mengapa donat yang dijual hingga saat ini bentuknya tidak pernah berubah. Ternyata, ada hal unik penyebab mengapa bentuk donat seperti itu.

Dikutip dari inuth, Kamis (26/4/2018), awalnya, donat disebut kue goreng karena seluruh bagian adonan berbahan tepung yang manis dan digoreng dalam minyak.

Dulu, donat tersedia dalam berbagai bentuk seperti panjang, bulat. Namun, ketika kue ini digoreng, bagian tengah adonan biasanya tetap mentah, sementara bagian lainnya tergoreng dengan penuh.

Karena ingin membuatnya lebih enak, seorang pelaut di pantai Amerika, Kapten Hanson Gregory mulai mengembangkan idenya dan mulai membuat inovasi membuat donat dengan lubang di tengahnya. Ketika Ia selesai berlayar, dan kembali ke rumah, Ia langsung memberitahukan kepada ibunya cara memasak donat seperti apa yang Ia pikirkan yaitu dengan membuat lubang di tengahnya.

Dan, ide tersebut berhasil dan Ia mulai membuat donat yang sama sebagai bekal untuk perjalanannya selanjutnya. Sejak saat itu pada 22 Juni 1847, digadang-gadang donat berlubang di tengah mulai populer.

Selain ide Kapten Hanson, ada cerita yang beredar yaitu Gregory yang juga seorang pelaut, Ia juga sangat menyukai donat. Karena di laut sering terjadi badai, bentuk donat yang tadinya bulat utuh, Ia tusukan ke dalam setir kapal dan membuat donat itu berlubang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…