Mengapa Donat Berbentuk Bulat? Begini Sejarahnya Loh!

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 15:00 WIB

Kue Donat (Istimewa)
Kue Donat (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Jajanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para penikmat kuliner di Indonesia, yaitu donat. Kuliner ini, sangat digemari oleh para kalangan mulai dari yang muda, hingga yang tua. Camilan manis ini, sangat populer menjadi teman untuk hanya sekedar meminum teh ataupun secangkir kopi di pagi atau sore hari.

Seiring berkembangnya beraneka ragam kuliner di Indonesia, donat sudah banyak mengalami perubahan, dan dimodifikasi menjadi camilan yang semakin digemari oleh semua kalangan. Mulai dari toping yang berupa cokelat butir, es krim atau lapisan gula.

Tetapi, pernahkan Kamu berpikir mengapa donat memiliki bentuk yang unik? yaitu berbentuk bulat namun di tengahnya terdapat lubang. Lalu mengapa donat yang dijual hingga saat ini bentuknya tidak pernah berubah. Ternyata, ada hal unik penyebab mengapa bentuk donat seperti itu.

Dikutip dari inuth, Kamis (26/4/2018), awalnya, donat disebut kue goreng karena seluruh bagian adonan berbahan tepung yang manis dan digoreng dalam minyak.

Dulu, donat tersedia dalam berbagai bentuk seperti panjang, bulat. Namun, ketika kue ini digoreng, bagian tengah adonan biasanya tetap mentah, sementara bagian lainnya tergoreng dengan penuh.

Karena ingin membuatnya lebih enak, seorang pelaut di pantai Amerika, Kapten Hanson Gregory mulai mengembangkan idenya dan mulai membuat inovasi membuat donat dengan lubang di tengahnya. Ketika Ia selesai berlayar, dan kembali ke rumah, Ia langsung memberitahukan kepada ibunya cara memasak donat seperti apa yang Ia pikirkan yaitu dengan membuat lubang di tengahnya.

Dan, ide tersebut berhasil dan Ia mulai membuat donat yang sama sebagai bekal untuk perjalanannya selanjutnya. Sejak saat itu pada 22 Juni 1847, digadang-gadang donat berlubang di tengah mulai populer.

Selain ide Kapten Hanson, ada cerita yang beredar yaitu Gregory yang juga seorang pelaut, Ia juga sangat menyukai donat. Karena di laut sering terjadi badai, bentuk donat yang tadinya bulat utuh, Ia tusukan ke dalam setir kapal dan membuat donat itu berlubang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.