1.500 Toples Teh Kelor NTB Tembus Pasar Taiwan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 April 2018 - 13:44 WIB

Daun kelor (Foto Dok Industry.co.id)
Daun kelor (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Teh kelor Moringa Sasambo yang diproduksi CV Tri Utama di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, berhasil menembus pasar Taiwan dan sudah melakukan ekspor perdana sebanyak 1.500 toples pada Maret 2018.

"Nilai ekspornya mencapai Rp225 juta. Satu toples dengan berat 150 gram harganya Rp150 ribu," kata Direktur CV Tri Utami Nasrin di sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Wilayah NTB dengan Perum Badan Urusan Logistik Divisi Regional NTB di Mataram, Rabu (26/4/2018)

Ia mengatakan pengiriman teh ke Taiwan dilakukan oleh eksportir di Jakarta, yang sekaligus menjadi distributor mitra CV Tri Utami dalam memasarkan teh kelor Moringa Sasambo di Jakarta dan sekitarnya.

Volume permintaan konsumen Taiwan, menurut Nasrin, mencapai 10.000 toples per bulan. Jumlah tersebut siap untuk dipenuhi karena kapasitas produksi bisa mencapai puluhan ribu toples per bulan.

Dalam melakukan produksinya, CV Tri Utami didukung oleh pasokan bahan baku yang melimpah dari petani di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.

"Kami memiliki petani binaan yang menanam kelor pada lahan seluas 20 hektare. Dan kami membeli dalam bentuk basah dengan harga Rp2.000 per kilogram," ujar Wakil Ketua Japnas NTB Bidang Perdagangan ini.

Ia mengatakan bahan baku yang dikirim dari Kabupaten Dompu ke Kota Mataram dalam bentuk kering atau setengah jadi. Pasalnya, ada gudang penyimpanan sekaligus tempat pengeringan seluas 10 x 15 meter di Kecamatan Kilo.

Proses produksi menjadi daun kelor kering di Kabupaten Dompu, melibatkan lima orang tenaga kerja. Sedangkan proses produksi hingga pengemasan yang dilakukan di Kota Mataram, melibatkan 10 orang tenaga kerja.

"Rencananya kami akan menambah luas lahan tanam dan membangun pabrik pengolahan di Kabupaten Dompu. Tentu membutuhkan tambahan tenaga kerja lagi," ucap Nasrin.

Ketua Gabungan Pengusaha Jamu NTB ini juga mengaku sedang menjajaki kemitraan dengan investor dari Korea dan Jepang, yang berminat memasarkan teh Moringa Sasambo ke negaranya.

Menurut Nasrin, Taiwan, Korea dan Jepang tertarik memasarkan teh hasil produksinya karena warga ketiga negara di kawasan Asia itu sangat menyukai teh herbal, termasuk kelor.

Sebab, daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia karena kaya akan potassium, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, protein yogurt.

Manfaat teh kelor adalah mencegah dan mengobati hipertensi, diabetes, sakit jantung, meningkatkan fungsi ereksi, memperbaiki dan mengobati fungsi hati dan pencernaan. Selain itu, mencegah dan mengobati kanker, reumatik dan asam urat serta membakar kolesterol jahat.

"Teh kelor juga bisa untuk memperlancar air susu ibu melahirkan dan menjaga berat badan serta meningkatkan kecerdasan otak," kata Nasrin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…