Harumkan Nama Bangsa, Paduan Suara Indonesia Raih Juara di Eropa

Oleh : Dina Astria | Kamis, 26 April 2018 - 12:50 WIB

Syukuran kemenangan The Resonanz Children's Choir (TRCC) saat jumpa pers hari Rabu (25/4) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Syukuran kemenangan The Resonanz Children's Choir (TRCC) saat jumpa pers hari Rabu (25/4) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Generasi muda Indonesia kembali mengukir sejarah dalam dunia paduan suara. The Resonanz Children's Choir (TRCC) berhasil meraih juara umum pada grand final European Grand Prix for Choral Singing yang dilangsungkan di Maribor, Slovenia pada hari Sabtu (21/4) kemarin. Kemenangan ini merupakan kali pertama TRCC meraih kejuaraan di Eropa.

Kemenangan ini tentunya menjadi kebanggaan untuk Avio Priatna, konduktor selaku pelatih dari TRCC.

"Ini menjadi bukti nyata keberhasilan kerja keras dan kecintaan generasi muda akan musik dan paduan suara yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional," ungkap Avip saat dijumpai Industry.co.id dalam jumpa pers yang diadakan di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, hari Rabu (25/4/2018) kemarin.

Dengan berkekuatan 44 penyanyi anak-anak, TRCC tampil membawakan 7 karya, yakni Ad Amore karya Lee R. Kesselman, Duo Seraphim karya Thomas Luis de Victoria, Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Ivan Yohan, Steal Away karya Arr. Gwyneth Walker, 137 Hip Street karya Fero Aldiansya dan terakhir, lagu tradisional dari Bali berjudul Janger yang diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

"Kita latihan dari bulan Desember 2017 kemarin. Rasanya luar biasa banget, gak nyangka bisa sampe di tahap ini," ungkap Alisya, salah satu anggota dari TRCC yang ikut dalam kompetisi bergengsi di Slovenia itu.

Tampil dengan kostum pakaian adat Bali bernuansa putih keemasan, dan koreografi tarian arahan Nyoman Trianawati, sukses membuat para juri dan penonton berdecak kagum.

"Para juri dan para penonton menilai, pilihan lagu yang kita pilih, berhasil mengeksplorasi semua kemampuan para anggota penyanyi," kata Avip lagi.

Sebelumnya, pada November kemarin, TRCC juga meraih juara pertama pada kategori Children's Choir, Public Audience Award, dan meraih Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung di Tolosa, Spanyol.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)

Minggu, 27 Mei 2018 - 07:00 WIB

Jadikan Bulan Ramadhan Momentum Berhenti Merokok

Kementerian Kesehatan menyarankan agar bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk berhenti merokok dengan adanya ibadah puasa dan dilanjutkan tidak merokok di bulan-bulan berikutnya.

 Haji DKI

Minggu, 27 Mei 2018 - 06:00 WIB

Pelunasan BPIH Tahap II Ditutup

Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 tahap II ditutup pada Jumat sore (25/5/2018) dan masih menyisakan kuota 943 porsi sehingga sisa itu akan diisi jamaah cadangan.

Mensos Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:30 WIB

Mensos Idrus Borong Kaus Buatan Penderita HIV Sukabumi

Menteri Sosial Idrus Marham memborong 500 kaus buatan penderita HIV yang direhabilitasi di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (ODHIV) Kahuripan Sukabumi, Jawa Barat.

Mensos Idrus Marham dan Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rachmat Koesnadi

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:00 WIB

Mensos Idrus Ajak Masyarakat Terima Penderita Gangguan Jiwa

Menteri Sosial Idrus Marham mengajak masyarakat untuk menerima Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dalam keluarga sehingga tidak ada kasus pemasungan.

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…