Harumkan Nama Bangsa, Paduan Suara Indonesia Raih Juara di Eropa

Oleh : Dina Astria | Kamis, 26 April 2018 - 12:50 WIB

Syukuran kemenangan The Resonanz Children's Choir (TRCC) saat jumpa pers hari Rabu (25/4) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Syukuran kemenangan The Resonanz Children's Choir (TRCC) saat jumpa pers hari Rabu (25/4) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Generasi muda Indonesia kembali mengukir sejarah dalam dunia paduan suara. The Resonanz Children's Choir (TRCC) berhasil meraih juara umum pada grand final European Grand Prix for Choral Singing yang dilangsungkan di Maribor, Slovenia pada hari Sabtu (21/4) kemarin. Kemenangan ini merupakan kali pertama TRCC meraih kejuaraan di Eropa.

Kemenangan ini tentunya menjadi kebanggaan untuk Avio Priatna, konduktor selaku pelatih dari TRCC.

"Ini menjadi bukti nyata keberhasilan kerja keras dan kecintaan generasi muda akan musik dan paduan suara yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional," ungkap Avip saat dijumpai Industry.co.id dalam jumpa pers yang diadakan di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, hari Rabu (25/4/2018) kemarin.

Dengan berkekuatan 44 penyanyi anak-anak, TRCC tampil membawakan 7 karya, yakni Ad Amore karya Lee R. Kesselman, Duo Seraphim karya Thomas Luis de Victoria, Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Ivan Yohan, Steal Away karya Arr. Gwyneth Walker, 137 Hip Street karya Fero Aldiansya dan terakhir, lagu tradisional dari Bali berjudul Janger yang diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

"Kita latihan dari bulan Desember 2017 kemarin. Rasanya luar biasa banget, gak nyangka bisa sampe di tahap ini," ungkap Alisya, salah satu anggota dari TRCC yang ikut dalam kompetisi bergengsi di Slovenia itu.

Tampil dengan kostum pakaian adat Bali bernuansa putih keemasan, dan koreografi tarian arahan Nyoman Trianawati, sukses membuat para juri dan penonton berdecak kagum.

"Para juri dan para penonton menilai, pilihan lagu yang kita pilih, berhasil mengeksplorasi semua kemampuan para anggota penyanyi," kata Avip lagi.

Sebelumnya, pada November kemarin, TRCC juga meraih juara pertama pada kategori Children's Choir, Public Audience Award, dan meraih Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung di Tolosa, Spanyol.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLTS Ilustrasi (ist)

Minggu, 18 November 2018 - 09:00 WIB

Kementerian ESDM Survei Pembangunan PLTS di Pos Perbatasan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyurvei untuk studi kelayakan dan desain rekayasa rinci (detail enginering design/DED) pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)…

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 18 November 2018 - 08:00 WIB

BI: Penggunaan B20 Bisa Kurangi Defisit Transaksi Berjalan

Deputi Gubenur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan kewajiban penggunaan biodiesel 20 persenn (B20), yang sudah dicanangkan pemerintah, bisa mengurangi defisit neraca transaksi berjalan…

Presiden Ri Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping (Foto: Istimewa)

Minggu, 18 November 2018 - 07:00 WIB

Presiden Jokowi-Presiden Xi Bahas Perkembangan Ekonomi Digital

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan membahas perdagangan hingga ekonomi digital dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela KTT APEC.

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 06:37 WIB

Aceh Tengah Targetkan Produksi Kopi 800 Kh/Ha

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian daerah setempat menargetkan produksi komoditas kopi di kawasan tersebut mencapai 800 kilogram per hektare pada 2018.

Menlu Retno Marsudi (Foto Istimewa)

Minggu, 18 November 2018 - 06:00 WIB

Impinan APEC Diharapkan Bantu Negara-Negara Pasifik

Para pemimpin Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) diharapkan membantu negara-negara di Kepulauan Pasifik menghadapi dampak perubahan iklim dan menangani isu-isu kelautan.