Soal Pemekaran di Jabar Selatan, Kang Hasan Siap Jadi Tameng

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 April 2018 - 11:29 WIB

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)
Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Garut-Isu pemekaran berbagai daerah di Jawa Barat Selatan, memang sudah lama digaungkan. Pemekaran tersebut lantaran tingginya kesenjangan pembangunan antara Jawa Barat Utara dan Jawa Barat Selatan. Namun, realisasi pemekaran tersebut, hingga saat ini, belum juga terwujud.

Melalui forum diskusi bersama Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau Kang Hasan, menerima aktivis pemekaran dari empat wilayah Jawa Barat Selatan. Diantaranya, Cianjur Selatan, Garut Selatan, Sukabumi Selatan (Jampang), dan Tasikmalaya Selatan.

Diskusi bertemakan _Kang Hasan Mendengar_ itu, diselenggarakan di Pantai Rancabuaya, Kecamatan Rancabuaya, Kabupaten Garut, Rabu (25/4/2018).

Ketua Forum Jabar Selatan, Gunawan Undang menyampaikan, pembangunan wilayah Jawa Barat Selatan, sudah tertuang dalam Perda Provinsi Jawa Barat, nomor 28 tahun 2010, tentang pengembangan wilayah Jawa Barat bagian selatan. Menurutnya, Jawa Barat sudah layak dimekarkan menjadi 34 Kabupaten/Kota. Hal tersebut, sudah sesuai dengan hasil observasi ilmiah dan melihat jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai hampir 47 Juta penduduk.

"Pembentukan daerah otonomi baru di Jawa Barat, bukan hanya soal isu politik Tapi sudah jadi kebutuhan. Melalui Kang Hasan sebagai Gubernur Jabar nanti, semoga hal itu bisa diwujudkan," ujarnya.

Sejalan dengan hal itu, Presidium Garut Selatan, Dedi Kurniawan menegaskan, ke empat wilayah Jabar Selatan tersebut, sudah harus dimekarkan, agar pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat lebih efektif. Serta masyarakat Jawa Barat Selatan bisa merasakan pemerataan pembangunan. Dedi, membandingkan provinsi tetangganya, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang memiliki jumlah Kabupaten/Kota yang seimbang, dengan jumlah penduduk. Sementara Jawa Barat, memiliki penduduk hampir 47 juta, dan hanya memiliki 27 Kabupaten/Kota.

"Kalau tidak ada ketegasan dari pemerintah terkait pemekaran di Jabar Selatan, Jawa Barat akan tertinggal jauh, terutama pembangunannya," jelas Dedi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Presidium Cianjur Selatan, Abdi Pratama. Presidium Tasikmalaya Selatan, Suryaman, dan Presidium Sukabumi Selatan (Jampang)Kiai Abdul Qodir

Di Akhir acara keempat Presidium juga mendeklarasikan dukungannya untuk Hasanah pada perhelatan pilgub Jabar 2018. Keputusan itu diambil mengingat pasangan HASANAH berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita warga Jabar Selatan. Bahkan Kang Hasan menandatangni kesepakatan dengan para Presidium.

Menanggapi hal tersebut, Kang Hasan setuju, adanya pemekaran di Jawa Barat Selatan.  Purnawirawan TNI AD ini siap jadi tameng masyarakat Jawa Barat Selatan untuk mewujudkan 

pemekaran. Masyarakat Jabar Selatab, Kata Kang Hasan, harus merasakan pembangunan yang seimbang dengan daerah Jawa Barat Utara.

Selain itu, pusat pereokonomian di Jawa Barat Selatan juga harus segera direalisasikan. Sehingga, angka kemiskinan dan pengangguran bisa ditekan dan  mengangkat harkat martabat ekonomi masyarakat Jabar Selatan.

"Secara teori Saya sepakat, secara akademis juga ya, sudah sewajarnya ada daerah yang harus dimekarkan khususnya daerah yang ada di jabar Selatan. Jangan sampai berlarut larut,"

 

Kang Hasan menambahkan, selama ini, para investor lebih banyak menanamkan modalnya di wilayah Jawa Barat Utara. Sehingga, pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat Selatan semakin tertinggal. Hal tersebut, lanjut Kang Hasan, turut menyumbang angka pengangguran dan kemiskinan terhadap daerah Jawa Barat. 

 

Untuk itu, dengan adanya pemekaran, Kang Hasan siap membuka akses ekonomi yang mudah dan melakukan pemerataan pembangunan di Jawa Barat Selatan. 

 

"Mari kita bergandengan tangan, untuk memperjuangkan hal ini, di Jawa Barat Selatan itu banyak yang bisa dikembangkan, dan harus dikelola dengan baik oleh pengelola yang baik," tegasnya.

 

Seperti diketahui, selama 3 hari Kang Hasan melakukan kampanye ke Jabar Selatan  dengan menyebutnya *Wisata Gurilap* atau Wisata Gunung Rimba Laut dan Pantai. Kampanye diawali dengan bertemu buruh petik teh Rabu Pagi di Rancabali, Kabupaten Bandung.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…