Cegah Karhutla Jelang dan Saat Asian Games 2018, Ini Strategi APP Sinar Mas

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 April 2018 - 06:59 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Fire Data and Information Technology Manager APP Sinar Mas Gustaf Rantung mengungkap dua strategi utama yang diterapkan oleh APP Sinar Mas untuk operasi khusus Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yaitu pencegahan dan mitigasi. 

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (26/4/208) menyebutkan, langkah awal untuk semakin mengefektifkan strategi pencegahan dan mitigasi dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla. Operasi ini meliputi tiga kabupaten di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

“Objektif utamanya adalah melakukan pencegahan dan mitigasi kebakaran ke sel terkecil, sehingga jika muncul api, tidak akan terjadi pemadaman dalam skala besar,” kata Gustaf.

Strategi pencegahan dilakukan selain dengan menjaga wilayah konsesi bebas api, juga penanaman kesadaran seputar karhutla terhadap masyarakat sekitar, serta penguatan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

Strategi berikutnya berkenaan dengan mitigasi bencana. Key Performance Indicator (KPI) terkait mitigasi bencana karhutla ditingkatkan hingga 2 kali lipat sehingga diharapkan akan 2 kali lebih efektif dalam mengurangi risiko yang akan timbul dari api itu sendiri.

Deteksi area kebakaran ditingkatkan melalui penambahan menara pemantau api setinggi 32 meter dengan radius pantau 10 km. Penambahan dilakukan di wilayah OKI (5 menara), serta di Banyuasin dan Musi Banyuasin (8 menara). 

Di sekitar area belukar yang vegetasinya tidak padat, dibangun menara mini setinggi 12 meter sebanyak 25 unit. Pemantauan dari menara ini sebagai pengganti patroli darat yang dianggap kurang begitu efektif dalam mendeteksi api.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…