Korea Selatan Hadirkan Harimau Siberia di Arboretum Nasional Baekdu

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 25 April 2018 - 14:30 WIB

Harimau Siberia di Arboretum Nasional Baekdu, Korea Selatan (Foto: The National Baekdu)
Harimau Siberia di Arboretum Nasional Baekdu, Korea Selatan (Foto: The National Baekdu)

INDUSTRY.co.id, Korea Selatan - Salah satu upaya untuk melestarikan spesies harimau yang terancam punah di alam liar, Otoritas Hutan Korea Selatan berencana untuk membuka arboretum yang bernama Arboretum Nasional Baekdu yang akan diisi dengan dua harimau siberia.

Dikutip dari koreaherald, Rabu (25/4/2018), Arboretum Nasional Baekdu yang terletak di pegunungan dekat Bonghwa, sebuah kota di provinsi tenggara Korea Selatan Gyeongsang Utara akan dibuka pada tanggal 3 Mei 2018.

Nantinya, Arboretum Nasional Baekdu akan diisi dua harimau Siberia yang berumur 13 tahun, perempuan bernama Hancheong dan laki-laki berusia tujuh tahun bernama Uri dari Seoul Grand Park.

Arboretum, yang telah didirikan di situs seluas 27.600 meter persegi merupakan salah satu yang terbesar di Asia, juga dilengkapi dengan kubah untuk menyimpan hingga 56.670 sampel benih dari 3.200 spesies dan 27 kebun pameran termasuk rawa alpine dan bukit bunga liar. Ini juga rumah bagi 3,85 juta tanaman dari 2.002 spesies.

Menurut arboretum, rumah bagi harimau tersebur, memiliki luas seperti ukuran tujuh lapangan sepak bola yang dibuat mirip dengan habitat alami di mana harimau liar hidup dan, jangan khawatir arboretum ini memiliki pagar pengaman di sekitarnya yang menjaga harimau dari melarikan diri dan memastikan keamanan pengunjung yang datang untuk melihat mereka berkeliaran di alam liar.

Pihak taman juga berencana untuk melepaskan harimau jantan lain yang bernama Duman, 17 tahun, yang disumbangkan oleh Cina dan diangkut dari National Arboretum Korea di kota Pocheon, timur laut Seoul, ke hutan macan setelah pelatihan kepadanya untuk reintroduksi ke alam liar setelah arboretum pembukaan.

Panjang harimau berkisar dari 240 sentimeter hingga 300 sentimeter dan berat mereka dari 200 kilogram hingga 300 kilogram, dengan harapan hidup rata-rata mereka mencapai sekitar 20 tahun.

Di hutan harimau, harimau diberi makan 5 kilogram daging ayam dan 1,5 kilogram daging sapi setiap hari, dibawa ke kandang harimau pada malam hari. Mereka diizinkan mengunjungi hutan pada siang hari. Di sekitar hutan ditempatkan pagar elektronik dan pagar kawat berduri setinggi 5- meter.

Arboretum berencana untuk membawa 10 harimau tambahan ke hutan untuk studi ekologisnya pada spesies, yang akan membantu melestarikan binatang itu.

Perlu diketahui, Harimau Siberia juga disebut harimau Gunung Paekdu, diketahui terakhir ditangkap di alam liar di Semenanjung Korea pada tahun 1921. Di Korea Selatan, 50 harimau Siberia dibesarkan di kebun binatang nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Honda Motor Co. Ltd

Rabu, 24 April 2024 - 09:51 WIB

Wow, Penjualan Mobil Honda Melesat pada Maret 2024

PT Honda Prospect Motor mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024, atau meningkat sebesar 19% dibandingkan bulan sebelumnya. Penjualan Honda tersebut didukung peningkatan…

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024 - 09:27 WIB

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatra melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak…

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…