Wapres Jusuf Kalla Resmi Buka Pameran Inacraft 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 25 April 2018 - 13:29 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla didamping Ibu Negara Mufidah Kalla membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Rabu (25/4/2018).
Wakil Presiden Jusuf Kalla didamping Ibu Negara Mufidah Kalla membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Rabu (25/4/2018).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla didamping Ibu Negara Mufidah Kalla membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Rabu (25/4/2018). 

Acara yang berlangsung selama lima hari, pada 25 -29 April ini mengusung tema "The Lofftines of North Sumatera" dengan tema utama "Coloring the world" diikuti oleh 1.395 peserta dari seluruh pelosok tanah air terdiri dari perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir.

Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan kenapa pameran Inacraft ini menjadi penting, karena ini menjadi hasil dari orang-orang rajin, kalau tidak rajin tidak bisa menghasilkan karya yang baik, inacraft atau handcraft ini memberikan dampak yang baik, karena mendorong perekonomian dan tentunya membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.

“Itu artinya apa, kerajinan tangan memberikan dampak yang luas. Dan ini sebagian besar dikerjakan pelaku usaha kecil. Dan kerajinan tangan ini dalam rangka menjaga budaya, karena kerajinan ini berasal dari daerah setempat,” kata Jusuf Kalla.

Dirinya juga mencontohkan, dulu setiap acara orang-orang pakai jas sekarang hampir tidak ada lagi. Bahkan kini setiap acara banyak orang memakai, Songket, Tenun, Batik dan inovasi batik itu sendiri. Ini mengindikasikan hasil suatu karya yang dibuat oleh masyarakat banyak dapat membuat ekonomi yang luas.

Kalla juga mengimbau para pelaku usaha kreatif harus bisa bersinergi dengan era digital saat ini. Dimana kemajuan teknologi tidak dapat terelakan lagi. Tentu kerajinan harus berubah dengan ecommerce. Apa yang harus berubah? Antara lain standar, kualitas dan ukuran. Pengusaha industri kerajinan industri kreatif agar terus memperhatikan produknya agar on spec, sesuai dan spesifikasi yang dibutuhkan pembeli.

“Di era sekarang ini handycraft atau kerajinan tangan akan bersaing dengan robot. Bagaimana dapat bersaing kalau tidak memiliki standar, kualitas dan ukuran yang bagus,” tandasnya.

Wakil Ketua Umum 2 ASEPHI Gusmardi Bustami, even akbar ini akan diikuti oleh 1.395 peserta dari seluruh pelosok tanah air. Terdiri dari para perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan. Serta beberapa negara sahabat juga akan ikut menyemarakkan pameran, dengan menampilkan produk kerajinan mereka.

Pada pelaksanaan ini, Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI), selaku penyelenggara menerbitkan buku sejarah 20 tahun perjalanan INACRAFT. Dari 120 booth di tahun pertama di tahun 1999), hingga menjelma menjadi lebih 1.300 booth.

Selain itu ada special booth dari Extended Program Anggota ASEPHI yang mengikuti Short Course Australia Award: International Business Readiness for Jewellery Design atas dukungan DFAT Australia.

Dalam sesi lainnya, dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, juga akan ada acara  menampilkan kesenian dan display produk kerajinan kolaborasi Indonesia dengan Jepang.

ASEPHI juga memberikan perhatian khusus dengan memberikan fasilitas promosi kepada kelompok Baduy Craft Banten dan Komunitas Diffabel dari Kriya Mata Kuching Bandung.

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…