ARO LEPRINDO Lembaga Pendidikan Terdepan, Pencetak Lulusan Refraksionis Optisien Terbaik Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 April 2018 - 16:46 WIB

Peresmian gedung kampus ARO LEPRINDO (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Peresmian gedung kampus ARO LEPRINDO (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Akademi Refraksi Optusu Lembaga Pendidikan Optisien (ARO LEPRINDO) yang merupakan lembaga pendidikan Refraksionis Optisien (RO) terdepan di indonesia bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak dubidang optikal dan lensa kontak di Indonesia, terus mengembangkan sarana dan prasarana, guna dapat membantu melahirkan para ahli dibidangnya. Salah satunya, dengan melengkapi sarana klinik dan laboratorium yang terkini. 

Ketua Yayasan ARO LEPRINDO, Handryn Muchzir Murti mengatakan, tidak hanya sebatas sarana dan prasarana saja, ARO LEPRINDO kedepannya juga akan bekerjasama dengan Optometry - Centro Escolar University, Manila sehingga dapat menjembatani para mahasiswa yang ingin meneruskan pendudukannya ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Kami pun berharap dapat menjadi role model untuk akademi refraksi optisi lainya baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun sarana dan prasarananya” kata Handryn Muchzir Murti, OD (Doctor of Optometry) di Tangerang, Selasa (24/4/2018).

Sesuai dengan Peraturan Kementrian Kesehatan PMK No. 19 tahun 2013 mengenai penyelenggaraan pekerjaan Refraksionis Optisien (RO), setiap optik di Indonesia harus memiliki satu refraksronis Optisien agar dapat menerima resep pembuatan kacamata dan lensa kontak sesuai standar kesehatan. 

Dengan dibuatnya PMK No 41 tahun 2015 mengenai standar profesi refraksionis optisien oleh menteri kesehatan republik lndonesia pun menjadikan bukti, bahwa sebenarnya keberadaan Refraksionis Optisien (RO) di lndonesia telah diakui keberadaannya. 

”Dengan mutu pendidikan di ARO LEPRINDO yang semakin membaik dan lapangan pekerjaan yang luas, kami berharap ilmu Optometri di Indonesia akan semakin dikenal. Sehingga para generasi muda maupun orang tua dapat melirik pendidikan Refraksionis Optisien (RO) sebagai profesi yang menjanjikan kedepannya.” tambah Handryn Muchzir Murti.

Direktur LEPRINDO dan Ketua Umum lROPlN, Dian Leila Sari, A.Md.RO.,Spd.,MKES mengungkapkan, saat ini sudah tercatat 8.600 orang sebagai Refraksionis Optisien (RO) di lndonesia. Di sisi lain, kebutuhan pasar terhadap tenaga Refraksionis Optisien (RO) semakin tinggi. 

"Kehadiran klinik mata dan optik optik besar mau pun kecil terus menjamur. Namun, sangat disayangkan Refraksionis Optisien (RO) di lndonesia sendiri tidak sebanding dengan jumlah kebutuhannya” ungkap Dian.

Jenjang karir sebagai seorang Refraksionis Optisien (RO) juga dinilai cukup menjanjikan. Dengan kebutuhan yang tinggi dan kelangkaannya di Indonesia, memberikan peluang besar bagi lulusannya untuk dapat bekerja. 

Selain itu, seorang Refraksionis Optisien (RO) dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri sebagai pengusaha Optik, peluang menjadi pegawai negri sipil (PNS) di rumah sakit pemerintah dan juga menjadi tenaga pengajar. 

Semua keberhasrlan yang dicapai ARO LEPRINDO sampai saat ini tidak lepas dari dukungan para Pengusaha diantaranya Bapak Michael W. Kurniawan, sebagai donator Utama pembangunan gedung ARO LEPRlNDO serta bimbingan atau binaan dari Kopertis Wilayah III, sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Republik Indonesia. 

Berdiri sejak tahun 1978, menjadikan ARO LEPRINDO pelopor yang telah mencetak Refraksuonis Optisien (RO) terbanyak di Indonesia. Bahkan semua mahasiswa yang masuk menuntut ilmu di ARO LEPRlNDO sudah dilirik oleh stakeholder dan diminta bekerja seperti du Rumah Sakit, Klinik mata maupun optik optik ternama di Indonesia. 

Sebutan Refraksionis Optusien (RO) sendiri mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Relraksuonis Optisien (RO) merupakan tenaga kesehatan yang harus lulus pendudukan berdasarkan perundang undangan yang berlaku. 

Para Refraksionis Optisien (RO) merupakan orang yang berwenang melakukan pemeriksaan mata dasar, pemeriksaan refraksi, menetapkan hasil pemeriksaan, menyiapkan juga membuat lensa kacamata atau lensa kontak. 

Sebagai lembaga yang sudah terakreditas BAN-PT, ARO LEPRlNDO sendiri menunjang para mahasiswa dengan fasilitas terbaik dan juga pengajar yang ahli pada bidangnya 

"Sebagian besar dosen yang mengajar di ARO LEPRlNDO sudah memiliki Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN) maupun Nomer Urut Penduduk Nasional (NUPN) bahkan, salah satu dari pengajar kami yaitu Dr A.M Ginting, SP.M merupakan Optamologist Senior. Selain itu, kami juga memiliki 4 dari total 20 lulusan Doctor of Optometry (OD) di Indonesia" pungkas Dian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…