Menperin Sebut Peran Pengusaha Sangat Penting Untuk Implementasi Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 April 2018 - 13:52 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan paparan dalam acara Munas Apindo ke-10 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan paparan dalam acara Munas Apindo ke-10 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Peran pangusaha dalam implementasi industri 4.0 di Indonesia menjadi sangat penting. Pasalnya, keputusan implementasi industri 4.0 secara seutuhnya ada di pengusaha. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

"Industri 4.0 itu keputusannya ada di pengusaha, dalam setiap korporasi keputusan strategis dipegang oleh pemwgang saham termasuk keputusan terkait implementasi industri 4.0," ujar Airlangg. 

Ia menambahkan, hal lain yang paling penting untuk implementasi industri 4.0 adalah tenaga kerja dan sumber daya manusia (SDM). 

"Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian telah membuat program pendidikan vokasi yang link and match dengan industri yang melibatkan pengusaha juga," terangnya. 

Menperin berharap semakin banyak pengusaha yang terlibat dalam program pendidikan vokasi link and match di Indonesia guna meningkatkan daya saing SDM dalam negeri. 

Menurutnya, saat ini program pendidikan vokasi memang baru melibatkan perusahaan-perusahaan besar dan sekolah menengak mejuruan (SMK). Untuk itu kami menambahkan program lanjutannya untuk pendidikan level politeknik. 

"Level Politeknik inilah yang disiapkan untuk mendorong kesiapan digitalisasi ekonomi. Pasalnya, ekonomi digital di ASEAN akan segera dibuat roadmap digital ekonomi. Oleh karena itu kita harus siap," terang Menperin. 

Selain itu, lanjutnya, kawasan industri juga menjadi bagian dari pengembangan kluster industri 4.0. "Selain infrastruktur pelabuhan da  jalan, kawasan industri juga harus menyiapkan infrastruktur digital. Hal ini sangat penting karena data itu menjadi bagian dari produktivitas," ucap Airlangga. 

Selanjutnya, tambah Airlangga, program kedua yang sedang kita dorong adalah program skill untuk kompetensi, dimana 4 Politeknik di Indonesia dan Politeknik yang berada di Swiss sudab saling bekerjasama. 

"Sekarang kalau dibilang siap, ya kita sudah siap dengan industri 4.0, karena kita sudah punya Palapa Ring yang sedang didorong pemerintah tinggal kapasitasnya saja yang dinaikkan," tutur Menperin. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…