Hampir 100 Persen Laba Bersih 2017 Puradelta Lestari Dibagikan Sebagai Dividen

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 23 April 2018 - 20:00 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) di Grand Hyatt Hote
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) di Grand Hyatt Hote

INDUSTRY.co.id, Jakarta Pemegang saham PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), pengembang dan pengelola kawasan terpadu Kota Deltamas, menyetujui pembagian dividen tunai untuk tahun buku 2017 bernilai Rp626,60 miliar (Rp13 per saham) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Dividen tunai itu terdiri dari dividen interim bernilai total Rp313,30 miliar (Rp6,5 per saham) yang dibagikan kepada pemegang saham pada Desember 2017 serta dividen final dengan nilai yang sama dan akan dibayarkan pada 24 Mei 2018 mendatang, papar Tondy Suwanto, Direktur Independen DMAS, dalam acara paparan publik usai RUPST.

Tondy mengemukakan, dengan demikian total dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham tersebut mencapai 95,4% dari laba bersih 2017 perseroan yang tercatat sebesar Rp657 miliar.

Ketika ditanyakan alasan manajemen membagikan dividen 2017 dengan payour ratio hampir 100% tersebut, Tondy menerangkan bahwa posisi keuangan perseroan saat ini dalam kondisi sehat dan memiliki dana tunai yang cukup. Itu karena, perseoran hingga akhir Desember 2017 tidak memiliki hutang kepada pihak lain.

Disamping itu, pembagian dividen dengan payout rasio sebesar itu bertujuan untuk meningkatkan shareholder value, imbuh Tondy.

Tondy juga mengungkapkan, manajemen DMAS akan mengalokasikan dana sebesar Rp500-600 miliar untuk membiayai belanja modal peseroan pada 2018. Sebesar 20-30% dari dana belanja modal tersebut akan digunakan untuk membiayai pembebasan lahan. Sementara itu, sisanya akan digunakan untuk mengmbangkan berbagai infrastruktur di kawasan Kota Deltamas.

Pembebasan lahan akan terus diupayakan perseroan untuk menjaga kesinambungan cadangan lahan ke depan. Total lahan perseroan tercatat 3.200 hektar dan yang sudah dikembangkan seluas 1.600 hektar. Sehingga landbank yang akan terus dikembangkan pada tahun-tahun ke depan masih ada seluas 1.600 hektar. Sementara itu, saat ini sudah ada 300 hektar lahan industri yang siap dijual, ungkap Tondy.

Selain untuk dijual, demikian Tondy, manajemen DMAS juga berharap dapat meningkatkan kinerja bisnisnya dari recurring income (pendapatan berkesinambungan). Saat ini, recurring income tersebut diperoleh perseroan dari 5 unit rental factory (pabrik yang disewakan) dan saat ini sudah terisi semua.

Kemudian, recurring income perseroan juga berasal dari property investment, serviced apartment (apartemen sewa), pendistribusian air bersih untuk para konsumen di Kota Deltamas serta jasa pengolahan air limbah.

Tondy menuturkan, manajemen DMAS memiliki kebijakan bahwa 5% dari total lahan DMAS tersebut atau sekitar 160 hektar akan dialokasikan untuk pembangunan berbagai produk-produk properti yang dapat disewakan kepada pihak lain, misalnya seperti rental factory.

Tahun ini, kami akan menyelesaikan pembangunan 2-4 unit gudang yang akan disewakan sebagai rental factory. Konsumen rental factory ini akan memulai usahanya di Kota Deltamas melalui penyewaan pabrik sepert ini. Kemudian, mereka nantinya akan membeli lahan dan membangun pabrik mereka secara permanen di kawasan industri yang kami kelola tersebut, pungkas Tondy. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…