Hiswana Migas Berharap Tak Ada Lagi Kelangkaan Bahan Bakar Minyak

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 April 2018 - 13:20 WIB

Ilustrasi Antrian BBM (Ist)
Ilustrasi Antrian BBM (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin - Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi ( Hiswana Migas) Kalimantan Selatan Syaibani berharap Pertamina lebih profesional dalam pengelolaan bahan bakar minyak (BBM) sehingga jangan ada lagi kelangkaan seperti yang terjadi selama ini.

Menurut Syaibani di Banjarmasin Senin, sebagai pengusaha yang bergerak di sektor Migas, pemenuhan BBM bagi masyarakat memiliki pengaruh cukup besar terhadap perekonomian.

Sehingga, ketersediaan stok baik di SPBU dan lainnya, sangat penting mendapatkan perhatian dari seluruh pihak terkait. "Selama ini yang terjadi, Kalsel sering kekurangan stok, sehingga terjadi antrean panjang di SPBU, mohon hal tersebut tidak terjadi lagi," katanya.

Menanggapi tentang pergantian Direktur Utama PT Pertamina Elia Massa Manik, oleh Kementerian BUMN, menurut dia, itu adalah kewenangan penuh pemerintah.

Hanya saja, tambah dia, diharapkan ke depan pengelolaan Pertamina bisa dilaksanakan lebih independen dan fokus, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Saya yakin, bila Pertamina dikelola secara fokus dan independen, akan jauh lebih baik, dan bisa perusahaan akan menjadi lebih besar dan kuat," katanya.

Menurut dia, Pertamina harus mendapatkan keleluasaan untuk bisa mengelola usahanya dengan lebih baik dan profesional tanpa campur tangan dari siapa pun.

Begitu juga dengan pemerintah, harus meningkatkan fungsi pengawasannya, sehingga stabilitas BBM bisa terjaga dengan lebih baik.

Pertamina, tambah dia, juga harus dikelola oleh orang yang benar-benar profesional di bidangnya, tanpa intervensi dan campur tangan politik dari pihak manapun.

"Harapan saya, melalui manajemen yang baru, Kalsel akan mendapatkan perhatian lebih, sehingga berbagai persoalan BBM dan gas termasuk upaya pengendalian distribusi, juga terlaksana secara baik dan bijak," katanya.

Saat ini, tambah dia, distribusi BBM dan berjalan cukup baik, kendati sebelumnya sempat terjadi kelangkaan, karena Pertamian harus mengendalikan distribusi.

"Menurut Pertamina, kelangkaan yang terjadi selama ini bukan pengurangan stok, tetapi pengendalian distribusi untuk BBM bersubsidi," katanya. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…