Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Palembang-Prabumulih Tingkatkan Produktivitas

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 April 2018 - 10:37 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan jalur ganda kereta api PalembangPrabumulih
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan jalur ganda kereta api PalembangPrabumulih

INDUSTRY.co.id - Pabumulih Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan jalur ganda kereta api Palembang-Prabumulih akan meningkatkan produktivitas baik itu penumpang maupun logistik.

Untuk angkutan penumpang tentunya akan ada peningkatan karena sebelumnya Palembang-Prabumulih ditempuh selama 2 jam sekarang dapat ditempuh dalam 1 jam saja, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk dapat menggunakan moda kereta api, jelas Menhub Budi saat meninjau pembangunan jalur ganda kereta api PalembangPrabumulih dan MartapuraBaturaja, Jumat (20/4/2018).

Menhub menambahkan bahwa untuk angkutan logistik terutama untuk batu bara penambahan jalur ini akan meningkatkan produktivitas, baik yang dari Muara Enim ke Palembang maupun Muara Enim ke Tanjung Karang karena di tempat jalur ganda ini terdapat persilangan-persilangan sehingga safety dan produktivitas lebih bagus.

Menhub mengharapkan dengan pembangunan jalur ganda ini dapat mengurangi beban di jalan karena banyak kendaraan-kendaraan berat yang mengangkut batu bara via jalur darat.

Untuk mengurangi beban di jalan, pembangunan jalur ganda kereta api ini dibuat lebih produktif sehingga yang tadinya di jalur darat dipindahkan ke kereta api. Hal ini akan menolong angkutan batu bara di jalur darat, tutup Menhub Budi.

Sebagai informasi total anggaran untuk pembangunan jalur ganda tersebut mencapai Rp. 2,2 Triliun dengan rincian untuk Palembang-Prabumulih sebesar Rp. 1,3 triliun dan Rp. 800 milyar untuk Martapura-Baturaja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…