Yayasan Tirto Utomo Bantu Revitalisasi Rumah Gadang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 April 2018 - 18:49 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang Aro- Yayasan Tirto Utomo membantu revitalisasi satu unit rumah gadang (rumah adat) di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, di Padang Aro, Minggu (22/4/2018) mengatakan rumah gadang yang direvitalisasi itu milik kaum Datuak Lelo Panjang, suku Melayu yang terakhir kali dipugar pada 1905.

"Kita bersyukur banyak pihak yang peduli dengan adat dan budaya Minangkabau, terutama melalui program revitalisasi rumah gadang ini," katanya.

Proses revitalisasi diawali doa bersama dengan Ninik Mamak (pemangku adat) di kawasan saribu rumah gadang. Pengerjaan dipercayakan kepada Tukang Tuo, Katik Yat (64) bersama enam asiatennya yang sudah sering memugarkan rumah gadang di Sumatera Barat.

Katik yat mengatakan, berdasarkan pengalamannya dibutuhkan setidaknya hingga delapan bulan untuk memugar satu rumah gadang.

"Semua tergantung ketersediaan bahannya, kalau lengkap dan tersedia bisa selesai lebih cepat,' ujarnya.

Kayu yang digunakan pihaknya hanya menggunakan jenis meranti, kayu bayua, dan kayu marantik batu sebagai bahan pemugaran rumah gadang.

Penggiat pariwisata Sumatera Barat Yulnofrins Napilus mengatakan, pendiri Yasayan Tirto Utomo adalah Ibu Lisa Tirto Utomo dan ia sangat ingin rumah Gadang tersebut kembali seperti semula dengan tidak meninggalkan keasliaannya.

"Beliau berkomitmen untuk membuat rumah gadang tersebut menjadi yang pertama dan paling indah setelah revitalisasi," ujarnya.

Selain itu, katanya, Ibu Lisa menginginkan rumah gadang tersebut menjadi pusat latihan kesenian, budaya, dan bisa dipakai untuk kegiatan umum.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…