Yayasan Tirto Utomo Bantu Revitalisasi Rumah Gadang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 April 2018 - 18:49 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang Aro- Yayasan Tirto Utomo membantu revitalisasi satu unit rumah gadang (rumah adat) di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, di Padang Aro, Minggu (22/4/2018) mengatakan rumah gadang yang direvitalisasi itu milik kaum Datuak Lelo Panjang, suku Melayu yang terakhir kali dipugar pada 1905.

"Kita bersyukur banyak pihak yang peduli dengan adat dan budaya Minangkabau, terutama melalui program revitalisasi rumah gadang ini," katanya.

Proses revitalisasi diawali doa bersama dengan Ninik Mamak (pemangku adat) di kawasan saribu rumah gadang. Pengerjaan dipercayakan kepada Tukang Tuo, Katik Yat (64) bersama enam asiatennya yang sudah sering memugarkan rumah gadang di Sumatera Barat.

Katik yat mengatakan, berdasarkan pengalamannya dibutuhkan setidaknya hingga delapan bulan untuk memugar satu rumah gadang.

"Semua tergantung ketersediaan bahannya, kalau lengkap dan tersedia bisa selesai lebih cepat,' ujarnya.

Kayu yang digunakan pihaknya hanya menggunakan jenis meranti, kayu bayua, dan kayu marantik batu sebagai bahan pemugaran rumah gadang.

Penggiat pariwisata Sumatera Barat Yulnofrins Napilus mengatakan, pendiri Yasayan Tirto Utomo adalah Ibu Lisa Tirto Utomo dan ia sangat ingin rumah Gadang tersebut kembali seperti semula dengan tidak meninggalkan keasliaannya.

"Beliau berkomitmen untuk membuat rumah gadang tersebut menjadi yang pertama dan paling indah setelah revitalisasi," ujarnya.

Selain itu, katanya, Ibu Lisa menginginkan rumah gadang tersebut menjadi pusat latihan kesenian, budaya, dan bisa dipakai untuk kegiatan umum.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…