Yayasan Tirto Utomo Bantu Revitalisasi Rumah Gadang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 April 2018 - 18:49 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang Aro- Yayasan Tirto Utomo membantu revitalisasi satu unit rumah gadang (rumah adat) di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, di Padang Aro, Minggu (22/4/2018) mengatakan rumah gadang yang direvitalisasi itu milik kaum Datuak Lelo Panjang, suku Melayu yang terakhir kali dipugar pada 1905.

"Kita bersyukur banyak pihak yang peduli dengan adat dan budaya Minangkabau, terutama melalui program revitalisasi rumah gadang ini," katanya.

Proses revitalisasi diawali doa bersama dengan Ninik Mamak (pemangku adat) di kawasan saribu rumah gadang. Pengerjaan dipercayakan kepada Tukang Tuo, Katik Yat (64) bersama enam asiatennya yang sudah sering memugarkan rumah gadang di Sumatera Barat.

Katik yat mengatakan, berdasarkan pengalamannya dibutuhkan setidaknya hingga delapan bulan untuk memugar satu rumah gadang.

"Semua tergantung ketersediaan bahannya, kalau lengkap dan tersedia bisa selesai lebih cepat,' ujarnya.

Kayu yang digunakan pihaknya hanya menggunakan jenis meranti, kayu bayua, dan kayu marantik batu sebagai bahan pemugaran rumah gadang.

Penggiat pariwisata Sumatera Barat Yulnofrins Napilus mengatakan, pendiri Yasayan Tirto Utomo adalah Ibu Lisa Tirto Utomo dan ia sangat ingin rumah Gadang tersebut kembali seperti semula dengan tidak meninggalkan keasliaannya.

"Beliau berkomitmen untuk membuat rumah gadang tersebut menjadi yang pertama dan paling indah setelah revitalisasi," ujarnya.

Selain itu, katanya, Ibu Lisa menginginkan rumah gadang tersebut menjadi pusat latihan kesenian, budaya, dan bisa dipakai untuk kegiatan umum.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…