Kapal AL Inggris Berlabuh di Tanjung Priok

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 April 2018 - 18:25 WIB

Kapal AL Kerajaan Inggris HMS Albion (Foto Dok Industry.co.id)
Kapal AL Kerajaan Inggris HMS Albion (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Albion berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dari tanggal 22 hingga 24 April 2018.

Kedatangan HMS Albion bertujuan untuk menguatkan kerja sama antara Inggris dan Indonesia dalam bidang militer.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Kapten HMS Albion, Tim Neild beserta kru kapal disambut Komandan Satuan Kapal Patroli ( Dansatrol) Lantamal III Kolonel Laut (P) Salim serta Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

Tarian tradisional Betawi menambah suasana meriah dalam penyambutan rombongan Kapten HMS Albion, Tim Neild.

"Angkatan Laut Kerajaan Inggris ingin memperkuat kerja sama militer dengan Indonesia. Indonesia adalah mitra penting di kawasan Asia Pasifik maupun Asia Tenggara," ujar Tim Neild di Jakarta, Minggu.

Ia mengakui Indonesia adalah mitra penting bagi Kerajaan Inggris yang mempunyai kekuatan besar di kawasan Asia Pasifik.

"Inggris berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan di Asia Pasifik.

Selain itu, ia menyatakan Inggris siap bekerja sama dengan sahabat maupun sekutu dalam rangka mendorong perdamaian, keamanan dan kesejahteraan di kawasan ini.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan para kru kapal HMS Albion akan melakukan diskusi kemaritiman dengan TNI AL dan peningkatan kerja sama di industri pertahanan.

Selama di Indonesia, kapal perang itu akan terlibat dalam latihan gabungan dengan Angkatan Laut Indonesia.

"Kerja sama pertahanan Inggris dengan Indonesia terus berkembang ke arah yang semakin baik. Kedatangan kapal HMS Albion ke Indonesia mendukung mitra kami dalam menjaga keamanan di laut," kata dia.

Sementara itu, Komandan Satuan Kapal Patroli ( Dansatrol) Lantamal III Kolonel Laut (P) Salim mengharapkan kedatangan HMS Albion dapat menjadi kunjungan bermakna dalam hubungan Indonesia dengan Inggris.

"Kunjungan kapal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama bagi angkatan laut kedua negara. Kunjungan tersebut sangat penting bagi kerja sama Indonesia dan Inggris di bidang pertahanan maritim," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…