Selamat! Suga BTS Sudah Resmi Jadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea

Oleh : Dina Astria | Minggu, 22 April 2018 - 17:00 WIB

Personil Bangtan Boys, Suga. (Foto: SBS)
Personil Bangtan Boys, Suga. (Foto: SBS)

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Salah satu member dari boyband fenomenal BTS, Suga akhirnya resmi bergabung menjadi anggota tetap dari Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau KOMCA.

Suga merupakan satu-satunya member BTS yang memiliki kemampuan lebih dalam hal produksi dan composing lagu dari member BTS lainnya, sehingga ia pantas menjadi anggota tetap KOMCA.

Tiap tahunnya, KOMCA memang merekrut 25 anggota untuk dijadikan anggota tetap, dengan beberapa criteria seperti produser, artis, dan composer yang harus diasosiasi selama 3 tahun dan mendapatkan royalty lebih dari 30 juta Won atau lebih dari Rp390 juta selama kurun waktu 3 tahun.

Pelantun ‘Fire’ ini dinilai sudah memenuhi criteria yang disebutkan tadi.

Sebelumnya, Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau KOMCA merupakan organisasi non-profit yang melindungi hak-hak para produser lagu, para pencipta lagu, penampilan publik, serta siaran dari plagiat dan pencurian hak cipta di Korea Selatan.

KOMCA sendiri menjadi salah satu organisasi perlindungan hak cipta terbesar di Asia, dengan memiliki anggota lebih dari 20 ribu anggota non-tetap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Idrus Marham dan Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rachmat Koesnadi

Minggu, 27 Mei 2018 - 08:30 WIB

Mensos: Pemerintah Pusat-Daerah Perlu Sinergi Tangani ODGJ

Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah serta dunia usaha perlu bersinergi untuk menangani "orang dengan gangguan jiwa" (ODGJ).

Tagana Kementerian Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 08:20 WIB

Tagana Kemensos Dampingi Data Pengungsi Erupsi Merapi

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementerian Sosial melakukan pendampingan dan pendataan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi.

Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)

Minggu, 27 Mei 2018 - 07:00 WIB

Jadikan Bulan Ramadhan Momentum Berhenti Merokok

Kementerian Kesehatan menyarankan agar bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk berhenti merokok dengan adanya ibadah puasa dan dilanjutkan tidak merokok di bulan-bulan berikutnya.

 Haji DKI

Minggu, 27 Mei 2018 - 06:00 WIB

Pelunasan BPIH Tahap II Ditutup

Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 tahap II ditutup pada Jumat sore (25/5/2018) dan masih menyisakan kuota 943 porsi sehingga sisa itu akan diisi jamaah cadangan.

Mensos Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:30 WIB

Mensos Idrus Borong Kaus Buatan Penderita HIV Sukabumi

Menteri Sosial Idrus Marham memborong 500 kaus buatan penderita HIV yang direhabilitasi di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (ODHIV) Kahuripan Sukabumi, Jawa Barat.