Suzuki All New Ertiga Akan Diproduksi di Pabrik Berteknologi Canggih

Oleh : Ridwan | Minggu, 22 April 2018 - 10:50 WIB

Pabrik Suzuki All New Ertiga di Cikarang
Pabrik Suzuki All New Ertiga di Cikarang

INDUSTRY.co.id - Jakarta, All New Suzuki Ertiga diluncurkan untuk pertama kalinya di dunia (world premiere) di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS 2018). Suzuki Indonesia langsung memproduksinya di Pabrik Cikarang, Bekasi, sehari setelah peluncuran.

Wakil Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Kazuo Hakamata mengaku sangat bangga dapat mengadakan acara produksi perdana All new Suzuki Ertiga di Pabrik Cikarang sebagai tanda permulaan produksi.

"Kami berharap melalui acara ini produk terbaru kami bisa diterima oleh masyarakat Indonesia," kata Hakamata dalam keterangan resminya di Jakarta (21/4/2018).

Suzuki Indonesia memiliki pabrik perakitan yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik yang berada di bawah bendera PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) ini berdiri di atas lahan seluas 130,7 hektare. Lokasinya persis di seberang pabrik Wuling Motors.

General Manager Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Motor, Ryohei Uchiki, mengatakan bahwa pabrik Suzuki di Indonesia merupakan yang terbaru di antara pabrik-pabrik Suzuki global.

“Karena itu, pabrik Suzuki di Cikarang dilengkapi dengan teknologi canggih, lebih canggih dibanding pabrik Suzuki di Jepang,” kata Uchiki.

Menurut Uchiki, dalam 10 tahun terkahir, Suzuki mendirikan tiga pabrik yakni Sagara Plant di Jepang (2008), Thai Suzuki Motor Plant, Thailand (2012), dan Suzuki Cikarang Plant, Indonesia (2015).

Sementara itu, Assistant to Dept Body Assambly PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Yudonendito mengatakan bahwa 90 persen operasional pabrik Suzuki di Cikarang menggunakan teknologi robotik canggih.

“Penggunaan robotik canggih itu dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi atau presisi dalam setiap pekerjaan,” ujarnya.

Saat ini, total sebanyak 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan (welding). Pabrik ini juga memiliki fasilitas pencetakan logam atau forging (untuk komponen transmisi) dan seat (jok mobil).

Pabrik Cikarang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk kendaraan roda empat bagi pasar otomotif nasional maupun ekspor.

Meski menggunakan teknologi robotik canggih, pabrik Suzuki di Cikarang menyerap 1.290 tenaga kerja. Pabrik ini dibagi dalam dua bangunan dengan dua proses produksi yakni powertrain production dan assembly production.

Powertrain production memiliki luas bangunan 35.200 meter per segi dengan jumlah karyawan 570 orang. Bagian ini bertanggung jawab terhadap produksi mesin (casting, machining, assembling), dan transmisi (casting, forging, machining, dan assembling).

Sedangkan assembly production berada di gedung dengan luas bangunan mencapai 71.050 meter per segi. Bagian ini mempekerjakan 720 orang. Aktivitas di bagian ini meliputi pressing, welding, painting body, resin, seat, assembling, dan final inspection.

Pabrik Suzuki Cikarang saat ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu per tahun untuk perakitan mobil, 71 ribu unit per tahun (mesin) dan 176 ribu unit per tahun (transmisi).

Saat ini pabrik Suzuki Cikarang digunakan untuk memproduksi mobil New Suzuki Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga (K14B berkapasitas 1.400cc), dan Karimun Wagon R (K10B berkapasitas 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat.

“Pabrik ini di masa mendatang juga akan memproduksi mobil-mobil baru Suzuki,” ujar Yudho.

Pabrik ini juga dilengkapi dengan fasilitas high way test track untuk menguji produk mobil yang telah keluar dari proses final inspection.

Dari pabrik di Cikarang, Suzuki Indonesia telah mengekspor12.196 unit minibus New Ertiga ke 25 negara di Asia, Oseania, Amerika Selatan, dan Karibia dalam bentuk utuh (Complitely Build Up/ CBU). Mesin dan transmisi buatan pabrik ini juga diekspor ke Thailand, Pakistan, Malaysia dan India.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…