Pelindo III Akuisisi Saham Entitas APBS

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 April 2018 - 12:40 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi Minta Pelindo III Kelola Pelabuhan Penyeberangan Kalianget (Foto Humas Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi Minta Pelindo III Kelola Pelabuhan Penyeberangan Kalianget (Foto Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Surabaya - PT Pelindo III mengakuisisi saham entitas swasta pada PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) yang merupakan perusahaan patungan antara Pelindo III dengan kontraktor pengerukan asal Belanda, Van Oord, dan perusahaan swasta nasional, PT Gerbang Samudera Utama (GSU).

Direktur Utama Pelindo Marine Service (PMS) atau anak usaha Pelindo III, Putut Sri Muljanto, di Surabaya, Jumat (20/4/2018) mengatakan sebelumnya Pelindo III memiliki 60 persen saham APBS melalui anak usahanya PMS.

Sisanya, kata dia, dimiliki Van Oord dan GSU sebesar masing-masing 20 persen, dan kemudian Pelindo III mengakuisi masing-masing 15 persen saham dari Van Oord dan GSU, sehingga kini Pelindo III memiliki kontrol penuh dengan 90 persen saham.

Sebelumnya, Pelindo III pada 2015 juga telah menyelesaikan proyek revitalisasi APBS dengan nilai pekerjaan mencapai 73 juta dolar AS, sepanjang 25 mil, yang kini menjadi akses laut menuju Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.

"Pelabuhan itu, dikembangkan dari semula dengan lebar 100 meter dan kedalaman sekitar -9,5 meter LWS (low water spring/rata-rata permukaan air) kini menjadi selebar 150 meter dengan kedalaman mencapai -13 meter LWS," katanya.

Dengan kedalaman tersebut, kini APBS memiliki kedalaman yang cukup untuk mengakomodasi kapal-kapal yang berbobot lebih besar.

Putut menjelaskan, APBS juga mengelola "channel fee" yang dipungut dari operator kapal untuk dialokasikan pada pengaturan lalu lintas pelayaran dan juga perawatan alur agar aman untuk dilayari.

"Usai direvitalisasi, potensi bisnis APBS kini semakin menjanjikan, karena kini tren kapal yang memasuki Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Gresik memiliki bobot yang semakin besar. Terlebih tren ini juga didorong dengan tren pertumbuhan throughput (arus bongkar muat barang) yang juga terus meningkat," katanya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Pelindo III, jumlah kapal yang melalui APBS sepanjang tahun 2016 sebanyak 1.105 unit atau setara dengan total bobot kapal yang mencapai lebih dari 27 juta gros ton.

Kemudian meningkat pada tahun 2017 dengan jumlah kapal sebanyak 2.857 unit atau setara dengan 53 juta gros ton bobot kapal. Sehingga peningkatan year on year untuk periode tersebut untuk arus kapal sebesar 158,5 persen dan untuk bobot kapal sebesar 96,3 persen.

CEO PT Pelindo III, Ari Askhara mengaku kepemilikan saham mayoritas di APBS membuat Pelindo III dapat semakin gesit untuk mengambil keputusan bisnis, sebab kini juga sedang mengintegrasikan pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Gresik dalam konsep Great Surabaya Metropolitan Port.

"Beberapa terminal di Pelabuhan Tanjung Perak kini juga sudah direkonfigurasi sesuai jenis komoditasnya untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat. Kemudian Pelindo III juga membangun beberapa terminal baru, seperti Terminal Teluk Lamong dan Terminal Manyar di JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate). Maka traffic (arus) kapal akan semakin ramai melalui APBS, sehingga potensi bisnisnya semakin besar," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

PUPR Lanjutkan Pembangunan Jalan Trans Papua

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus melanjutkan pembangunan Jalan Trans Papua demi meningkatkan konektivitas, membuka daerah terisolir dan mengurangi tingkat kemahalan harga…

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, (Foto Dok Industry.co.id_

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

20 Peserta Terbaik Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Wujud Optimisme Generasi Muda

Menjadi seorang sociopreneur atau menjalankan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat/sosial, belakangan ini menjadi pilihan populer di kalangan generasi muda Indonesia. Kreativitas tinggi, didukung…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…