Lesehan Bareng, Kang Hasan Dengarkan Keluhan Nelayan Cirebon

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 April 2018 - 10:50 WIB

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)
Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Nelayan memiliki fungsi penting sebagai tulang punggung industri perikanan nasional, yang memerlukan perhatian yang optimal dari pemerintah. Salah satunya terkait kehidupan nelayan yang masih jauh dari sejahtera.

Untuk mewujudkan kesejahteraan nelayan, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan, bertemu langsung dengan para nelayan untuk mendengarkan setiap keluhan para nelayan, serta mencari solusi yang tepat dari permasalahan yang dihadapi.

Sambil lesehan bersama, Kang Hasan dicurhati nelayan Kabupaten Cirebon, terkait permasalah izin tangkap ikan, hingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan para nelayan untuk melaut. Menanggapi hal tersebut, Kang Hasan menyampaikan kesanggupannya untuk memenuhi kebutuhan nelayan, dan mewujudkan kemakmuran nelayan di Jawa Barat khususnya Kabupaten Cirebon, melalui program Jabar Seubeuh yang akan ia gulirkan ketika menjadi Gubernur terpilih.

"Pemimpin itu ditugasi untuk melayani rakyat, dan apa saja harus dilakukan selama itu hak rakyat, dan Nelayan ini harus difasilitasi oleh negara apa yang menjadi kebutuhannya," ungkapnya saat berdialog dengan para nelayan, di TPI Mundu, Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jumat (20/4/2018).

Melalui Jabar Sebeuh, lanjut Kang Hasan, para nelayan juga akan diberikan subsidi dan keringanan dalam memiliki alat tangkap. Sehingga, pekerjaan nelayan tidak terhambat akibat ketiadaan biaya untuk membeli saran dan prasarana yang dibutuhkan. Selain itu, sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo, Kang Hasan, juga akan memberikan asuransi kepada para nelayan, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat melaut. Sementara untuk menjata stabilitas harga pihaknya akan membuat _cold storage_ pada beberapa TPI di Jabar.

"Asuransi ini bukan pengganti nyawa, karena nyawa tak terhitung harganya, tetapi setidaknya, kalau kehilangan keluarga, ada Tombo ati," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Nelayan, Saiman mengatakan, program yang disampaikan Kang Hasan, merupakan kebutuhan nelayan dan solusi yang diinginkan oleh para nelayan di Cirebon. Sosok Kang Hasan, sambungnya, sebagai sosok yang merakyat dan peduli terhadap  masyarakat bawah seperti nelayan. Sehingga nelayan mudah menyampaikan setiap aspirasi dan permasalahan yang dihadapi.

"Dengan adanya Kang Hasan kemari Kami siap mendukung dan bertatap langsung dengan calon pemimpin kami. Jadi kami para nelayan enak untuk meminta apapun," ungkapnya yang disambut riuh para nelayan.

Saiman berharap, setiap program Kang Hasan bisa diwujudkan, dan mampu mensejahterakan masyarakat Jawa Barat, terutama kalangan bawah seperti nelayan.

"Kepada Kang Hasan, kami sekuat tenaga akan mendukung Hasanah memang di Jabar, dan tolong ketika masyarakat mengeluh, tetap disambut dengan baik seperti ini," pungkasnya.

Selain Jabar Seubeuh, Kang Hasan juga menyampaikan 7 program unggulan lainnya yang akan digulirkan bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton). Diantaranya Bogagawe, Jabar Cageur, Imah Rempeg, Sakolagratis, Turkamling dan Budaya serta Molototcom.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.