Meningkat Permintaan, TPKS Dorong Perusahaan Pelayaran Tambah Rute Domestik

Oleh : Herry Barus | Senin, 23 Januari 2017 - 18:56 WIB

Ilustrasi Terminal peti kemas Tanjung Priok. (Dok Industry.co.id)
Ilustrasi Terminal peti kemas Tanjung Priok. (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Semarang- Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mendorong perusahaan pelayaran agar menambah rute penyeberangan domestik seiring dengan tingginya permintaan dari konsumen.

"Untuk penyeberangan dalam negeri kami sudah bertemu dengan manajemen perusahaan Meratus. Sampai saat ini Meratus masih menjadi satu-satunya perusahaan yang melayani penyeberangan domestik yang melewati TPKS," kata General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean di Semarang, Senin (23/1/2017).

Pada pertemuan tersebut, TPKS dan Meratus berupaya untuk menjajaki kemungkinan dibukanya rute Semarang-Pontianak maupun sebaliknya.

"Mudah-mudahan kami dapat segera melakukan kontak dan kunjungan dengan pihak PT Pelindo II yang membawahi pelabuhan Pontianak," katanya seperti dikutip Antara.

Menurut dia, rute tersebut harus segera dibuka mengingat tersedianya pasar untuk komoditas dari maupun ke Jawa Tengah. Selain itu, dengan dibukanya rute tersebut diharapkan komoditas-komoditas asal Pontianak maupun sekitarnya yang diekspor dapat dikirimkan melalui TPKS.

Beberapa komoditas dari Pontianak yang selama ini banyak diekspor dengan melalui pengolahan di perusahaan Jawa Tengah di antaranya kelapa sawit dan karet.

Sedangkan komoditas asal Jawa Tengah yang banyak dibutuhkan di Pontianak di antaranya beras dan semen.

Sementara itu, hingga saat ini rute penyeberangan domestik dari maupun ke TPKS yang sudah berjalan di antaranya ke Kumai, Banjarmasin, dan Sampit.

Untuk diketahui, dari total realisasi volume bongkar muat yang dilakukan oleh TPKS pada tahun lalu sebesar 615.132 teus, 10 persennya adalah kontribusi dari pengiriman domestik.

Erry menargetkan untuk tahun ini kontribusi dari domestik dapat meningkat menjadi 15 persen seiring dengan peningkatan target volume bongkar muat di tahun ini menjadi 650.000 teus.

"Dengan penambahan rute baru ini saya optimistis kontribusi bongkar muat untuk domestik dapat meningkat. Target saya paling tidak di kuartal dua tahun ini rute baru sudah mulai beroperasi," katanya.

Ke depan, Erry mengatakan akan membuka rute domestik lain di antaranya ke Balikpapan dan Samarinda maupun sebaliknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…