Bekraf Kirim Delegasi, Ikuti Pameran Kuliner Terbesar Asia Tenggara

Oleh : Anisa Triyuli | Sabtu, 21 April 2018 - 09:17 WIB

Bekraf Kirim Delegasi, Ikuti Pameran Kuliner Terbesar Asia Tenggara (Foto Anisa)
Bekraf Kirim Delegasi, Ikuti Pameran Kuliner Terbesar Asia Tenggara (Foto Anisa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pameran kuliner terbesar di Asia Tenggara, Food Hotel Asia (FHA) kembali digelar. Pameran yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali ini akan diselenggrakan di Singapore Expo Center pada tanggal 24-27 April 2018.

Badan Ekonomi kreatif (Bekraf) melalui deputi pemasaran mendukung pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner untuk mewakili Indonesia di perhelatan tersebut diantaranya 3 brand hasil Food Startup Indonesia (FSI) terbaik tahun 2017, yaitu Matchamu, Ladanglima, dan Chillibags.

FSI merupakan acara yang digelar Bekraf untuk meningkatkan subsektor kuliner dengan menghubungkan perusahaan rintisan (startup) kuliner kepada ekosistem kuliner terpadu.

"Tiga besar FSI 2017 yang didukung juga telah berpengalaman dalam melakukan transaksi ke luar Indonesia, dengan adanya Food Hotel Asia, maka kesempatan tersebut akan lebih besar membuka peluang yang ada", ujar Fadjar Hutomo Deputi Akses permodalan Bekraf, pada press conference, Jum'at (20/4/2018) di Jakarta.

Tidak hanya mendukung FSI, Bekraf juga akan mendukung Warung Upnormal yang akan memasarkan Kopi dari Indonesia di pasar global, dan Foodlab Indonesia yang akan melakukan Validasi Soto Indonesia untuk bisa sejajar di kuliner dunia dan sebagai model bisnis diluar Indonesia.

Diperkirakan sekitar 80 ribu pengunjung akan masuk di dalam Food Hotel Asia profil dari pengunjung tercatat dikunjungi oleh buyer dari UK, Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Serta diikuti sekitar 4 ribu peserta Pameran dari 68 Negara.

"Kontribusi PDB ekonomi kreatif sub sektor kuliner tahun 2015 yang terunggul berdasarkan survei khusus ekraf oleh Badan Pusat Statistik, yaitu mencapai 41,69%, nilai ekspor kuliner ini mengalami peningkatan di 2016 menjadi 6,31% yang sebelumnya 6%, maka Food Stratup Indonesia 2018 sejalan dengan subsektor penyumbang PBD terbesar," ungkapnya.

Setelah mengirimkan delegasi Indonesia di FHA 2018, Deputi Pemasaran Bekraf juga akan mengikutsertakan produk FSI dalam program kreatifood, yang akan diiniasi khusus untuk memasarkan produk-produk dalam negeri. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:39 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung Sumut Segera Dioperasikan

PT Pelabuhan Indonesia 1 segera mengoperasikan Pelabuhan Kuala Tanjung yang hampir selesai dibangun di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Ilustrasi Susu Kental Manis : Foto Istimewa

Senin, 16 Juli 2018 - 09:30 WIB

SKM Miliki Kadar Protein Relatif Lebih Tinggi Dibanding Jenis Lainnya

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Ahmad Syafiq memberikan pandangannya mengenai susu kental manis. Syafiq menyebutkan susu kental manis…

Pelari Kenya David Kibet Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018 (Foto: dok Industry.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:20 WIB

Pelari Asal Kenya Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018

Pelari asal Kenya meraih gelar juara kategori putra dan putri lari maraton MILO Jakarta International 10K 2018 yang berlangsung di Jakarta, Minggu, 15 Juli 2018. David Kibet berhasil menjuarai…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:14 WIB

BPOM: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Susu Kental Manis (SKM) merupakan susu dan aman untuk dikonsumsi, meskipun berbeda dengan krimer kental manis. Hal ini menyusul informasi yang…

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018 (Foto Rizki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 08:53 WIB

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018

Event olahraga bertaraf internasional ini resmi ditutup dengan seremoni pemberian hadiah yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Ketua…