Bekraf Kirim Delegasi, Ikuti Pameran Kuliner Terbesar Asia Tenggara

Oleh : Anisa Triyuli | Sabtu, 21 April 2018 - 09:17 WIB

Bekraf Kirim Delegasi, Ikuti Pameran Kuliner Terbesar Asia Tenggara (Foto Anisa)
Bekraf Kirim Delegasi, Ikuti Pameran Kuliner Terbesar Asia Tenggara (Foto Anisa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pameran kuliner terbesar di Asia Tenggara, Food Hotel Asia (FHA) kembali digelar. Pameran yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali ini akan diselenggrakan di Singapore Expo Center pada tanggal 24-27 April 2018.

Badan Ekonomi kreatif (Bekraf) melalui deputi pemasaran mendukung pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner untuk mewakili Indonesia di perhelatan tersebut diantaranya 3 brand hasil Food Startup Indonesia (FSI) terbaik tahun 2017, yaitu Matchamu, Ladanglima, dan Chillibags.

FSI merupakan acara yang digelar Bekraf untuk meningkatkan subsektor kuliner dengan menghubungkan perusahaan rintisan (startup) kuliner kepada ekosistem kuliner terpadu.

"Tiga besar FSI 2017 yang didukung juga telah berpengalaman dalam melakukan transaksi ke luar Indonesia, dengan adanya Food Hotel Asia, maka kesempatan tersebut akan lebih besar membuka peluang yang ada", ujar Fadjar Hutomo Deputi Akses permodalan Bekraf, pada press conference, Jum'at (20/4/2018) di Jakarta.

Tidak hanya mendukung FSI, Bekraf juga akan mendukung Warung Upnormal yang akan memasarkan Kopi dari Indonesia di pasar global, dan Foodlab Indonesia yang akan melakukan Validasi Soto Indonesia untuk bisa sejajar di kuliner dunia dan sebagai model bisnis diluar Indonesia.

Diperkirakan sekitar 80 ribu pengunjung akan masuk di dalam Food Hotel Asia profil dari pengunjung tercatat dikunjungi oleh buyer dari UK, Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Serta diikuti sekitar 4 ribu peserta Pameran dari 68 Negara.

"Kontribusi PDB ekonomi kreatif sub sektor kuliner tahun 2015 yang terunggul berdasarkan survei khusus ekraf oleh Badan Pusat Statistik, yaitu mencapai 41,69%, nilai ekspor kuliner ini mengalami peningkatan di 2016 menjadi 6,31% yang sebelumnya 6%, maka Food Stratup Indonesia 2018 sejalan dengan subsektor penyumbang PBD terbesar," ungkapnya.

Setelah mengirimkan delegasi Indonesia di FHA 2018, Deputi Pemasaran Bekraf juga akan mengikutsertakan produk FSI dalam program kreatifood, yang akan diiniasi khusus untuk memasarkan produk-produk dalam negeri. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi…

Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA Nasional), saat berbicara di acara Forum Promoter 2018 Polri yang membahas tema Solusi Menuju Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur Melalui Ketahanan Pangan, Rabu, 23 Mei 2018

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:35 WIB

Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia Pada 2045

Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara. Pangan memiliki…

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:33 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Era globalisasi dan makin terbukanya Indonesia bagi pasar asing menuntut lulusan perguruan tinggi di Indonesia memahami tantangan dan tuntutan bisnis saat ini sehingga mampu bersaing. Potensi…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:00 WIB

BSDE Anggarkan Belanja Modal Rp6 Triliun di 2018

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menganggarkan Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar Rp4 triliun-Rp6 triliun pada tahun 2018.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan…