Festival Culinary Kota Lama Semarang Tampilkan 50 Foodtruck

Oleh : Sriyanto | Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB

Kuliner Kota Tua Semarang (Foto Sriyanto)
Kuliner Kota Tua Semarang (Foto Sriyanto)

INDUSTRY.co.id - Semarang- UKM Culinary Festival di Kota Lama Semarang resmi tercatat pada Rekor Muri karena keunikannya yang tampilkan 50 Foodtruck.

Dimana 50 Foodtruck penjaja makanan sebelumnya melakukan konvoi dari kantor Gubernuran jalan Pahlawan dilepas Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Budi Wibowo dan Kepala Dinas Koperasi Jawa Tengah Ema Rahmawati menuju Kota Lama Semarang.

UKM Culinary Festival dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Ir. Sri Puryono pada Jumat malam ( 20/4/2018) hingga 22 April 2018,menampilkan berbagai macam kuliner sebagai salah satu promosi UKM makanan dan minuman seperti  Kota Semarang terkenal dengan Soto dan Laumpia. dari Sumatra Barat ada rendang. Dan Yogjakarta ada gudeg.

Memilih lokasi  Kota Lama Semarang, kata Sri Puryono bertujuan untuk mengangkat keberadaan Kota Lama menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah, dimana dahulu terlihat gelap, tempat mangkal LJBT dan untuk sabung ayam.

Kota Lama Semarang yang kini sudah direvitalisasi yang terkesan seperti melihat Eropa disuport Menteri PUPR untuk menata kabel agar tidak terlihat selain drainase sebesar Rp 156 Miliar.

Kota Lama Semarang diangkat melalui event UKM Culinary Festival, karena wisata kuliner sudah menjadi andalan Jawa Tengah. Diamana sektor pariwisata, jadi lokomotif ekonomi yang miliki efek domino.

Untuk itu, Sri Puryono berharap pula, berbagai ivent serupa bisa dilaksanakan di wilayah Jateng guna menarik wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Jawa Tengah.

Dalam sambutan walikota Semarang yang dibacakan Wakil Walikota Hj. Farita Gunaryanti Rahayu mengatakan, “UKM Culinary Festival adalah rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Semarang ke 471, dimana pertama kali di kota Semarang ada kegiatan food truck yang mewarnai festival UKM makanan dan minuman di kota lama ini  untuk dijadikan agenda tahunan kota Semarang diharapkan  menjadi viral destinasi wisata kota Semarang yang sebelumnya ada digital market wiata alam Tinjomoyo kota Semarang.”

Festival culinary ini menampilkan launpia, tahu gimbal, mangut, soto segar, es conglit di berbagai stant seperti Semarang Roru Cake, PT. Reska Multi Usaha, Koperasi 5 Garuda, UKM Mitra Binaan PT. KAI, akulaku,com, Sriboga Ratu Raya yang difasilitasi KUR Bank Jateng dan BRI, selain dari Semarang Kreatif Galeri BNI yang bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.

Warga masyarakat kota Semarang antusias ikut menyaksikan pembukaan UKM Culinary Festival yang dihadiri pula OPD Terkait, Forkompinda Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah dan Steak Holder. Juga dimeriahkan hiburan keroncong Semarang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.

Digital Technology Indonesia bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event tersebut mengusung tema Digital Transformation & Industry 4.0.

Selasa, 25 September 2018 - 11:23 WIB

Digitech Indonesia 2018, Ajang Kesiapan Industri Sambut Revolusi Industri 4.0

Sekira 200 perusahan di bidang teknologi dan informasi bakal memeriahkan ajang Digital Technology Indonesia yang bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event…