Festival Culinary Kota Lama Semarang Tampilkan 50 Foodtruck

Oleh : Sriyanto | Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB

Kuliner Kota Tua Semarang (Foto Sriyanto)
Kuliner Kota Tua Semarang (Foto Sriyanto)

INDUSTRY.co.id - Semarang- UKM Culinary Festival di Kota Lama Semarang resmi tercatat pada Rekor Muri karena keunikannya yang tampilkan 50 Foodtruck.

Dimana 50 Foodtruck penjaja makanan sebelumnya melakukan konvoi dari kantor Gubernuran jalan Pahlawan dilepas Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Budi Wibowo dan Kepala Dinas Koperasi Jawa Tengah Ema Rahmawati menuju Kota Lama Semarang.

UKM Culinary Festival dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Ir. Sri Puryono pada Jumat malam ( 20/4/2018) hingga 22 April 2018,menampilkan berbagai macam kuliner sebagai salah satu promosi UKM makanan dan minuman seperti  Kota Semarang terkenal dengan Soto dan Laumpia. dari Sumatra Barat ada rendang. Dan Yogjakarta ada gudeg.

Memilih lokasi  Kota Lama Semarang, kata Sri Puryono bertujuan untuk mengangkat keberadaan Kota Lama menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah, dimana dahulu terlihat gelap, tempat mangkal LJBT dan untuk sabung ayam.

Kota Lama Semarang yang kini sudah direvitalisasi yang terkesan seperti melihat Eropa disuport Menteri PUPR untuk menata kabel agar tidak terlihat selain drainase sebesar Rp 156 Miliar.

Kota Lama Semarang diangkat melalui event UKM Culinary Festival, karena wisata kuliner sudah menjadi andalan Jawa Tengah. Diamana sektor pariwisata, jadi lokomotif ekonomi yang miliki efek domino.

Untuk itu, Sri Puryono berharap pula, berbagai ivent serupa bisa dilaksanakan di wilayah Jateng guna menarik wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Jawa Tengah.

Dalam sambutan walikota Semarang yang dibacakan Wakil Walikota Hj. Farita Gunaryanti Rahayu mengatakan, “UKM Culinary Festival adalah rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Semarang ke 471, dimana pertama kali di kota Semarang ada kegiatan food truck yang mewarnai festival UKM makanan dan minuman di kota lama ini  untuk dijadikan agenda tahunan kota Semarang diharapkan  menjadi viral destinasi wisata kota Semarang yang sebelumnya ada digital market wiata alam Tinjomoyo kota Semarang.”

Festival culinary ini menampilkan launpia, tahu gimbal, mangut, soto segar, es conglit di berbagai stant seperti Semarang Roru Cake, PT. Reska Multi Usaha, Koperasi 5 Garuda, UKM Mitra Binaan PT. KAI, akulaku,com, Sriboga Ratu Raya yang difasilitasi KUR Bank Jateng dan BRI, selain dari Semarang Kreatif Galeri BNI yang bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.

Warga masyarakat kota Semarang antusias ikut menyaksikan pembukaan UKM Culinary Festival yang dihadiri pula OPD Terkait, Forkompinda Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah dan Steak Holder. Juga dimeriahkan hiburan keroncong Semarang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…