Festival Culinary Kota Lama Semarang Tampilkan 50 Foodtruck

Oleh : Sriyanto | Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB

Kuliner Kota Tua Semarang (Foto Sriyanto)
Kuliner Kota Tua Semarang (Foto Sriyanto)

INDUSTRY.co.id - Semarang- UKM Culinary Festival di Kota Lama Semarang resmi tercatat pada Rekor Muri karena keunikannya yang tampilkan 50 Foodtruck.

Dimana 50 Foodtruck penjaja makanan sebelumnya melakukan konvoi dari kantor Gubernuran jalan Pahlawan dilepas Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Budi Wibowo dan Kepala Dinas Koperasi Jawa Tengah Ema Rahmawati menuju Kota Lama Semarang.

UKM Culinary Festival dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Ir. Sri Puryono pada Jumat malam ( 20/4/2018) hingga 22 April 2018,menampilkan berbagai macam kuliner sebagai salah satu promosi UKM makanan dan minuman seperti  Kota Semarang terkenal dengan Soto dan Laumpia. dari Sumatra Barat ada rendang. Dan Yogjakarta ada gudeg.

Memilih lokasi  Kota Lama Semarang, kata Sri Puryono bertujuan untuk mengangkat keberadaan Kota Lama menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah, dimana dahulu terlihat gelap, tempat mangkal LJBT dan untuk sabung ayam.

Kota Lama Semarang yang kini sudah direvitalisasi yang terkesan seperti melihat Eropa disuport Menteri PUPR untuk menata kabel agar tidak terlihat selain drainase sebesar Rp 156 Miliar.

Kota Lama Semarang diangkat melalui event UKM Culinary Festival, karena wisata kuliner sudah menjadi andalan Jawa Tengah. Diamana sektor pariwisata, jadi lokomotif ekonomi yang miliki efek domino.

Untuk itu, Sri Puryono berharap pula, berbagai ivent serupa bisa dilaksanakan di wilayah Jateng guna menarik wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Jawa Tengah.

Dalam sambutan walikota Semarang yang dibacakan Wakil Walikota Hj. Farita Gunaryanti Rahayu mengatakan, “UKM Culinary Festival adalah rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Semarang ke 471, dimana pertama kali di kota Semarang ada kegiatan food truck yang mewarnai festival UKM makanan dan minuman di kota lama ini  untuk dijadikan agenda tahunan kota Semarang diharapkan  menjadi viral destinasi wisata kota Semarang yang sebelumnya ada digital market wiata alam Tinjomoyo kota Semarang.”

Festival culinary ini menampilkan launpia, tahu gimbal, mangut, soto segar, es conglit di berbagai stant seperti Semarang Roru Cake, PT. Reska Multi Usaha, Koperasi 5 Garuda, UKM Mitra Binaan PT. KAI, akulaku,com, Sriboga Ratu Raya yang difasilitasi KUR Bank Jateng dan BRI, selain dari Semarang Kreatif Galeri BNI yang bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.

Warga masyarakat kota Semarang antusias ikut menyaksikan pembukaan UKM Culinary Festival yang dihadiri pula OPD Terkait, Forkompinda Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah dan Steak Holder. Juga dimeriahkan hiburan keroncong Semarang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:39 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung Sumut Segera Dioperasikan

PT Pelabuhan Indonesia 1 segera mengoperasikan Pelabuhan Kuala Tanjung yang hampir selesai dibangun di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Ilustrasi Susu Kental Manis : Foto Istimewa

Senin, 16 Juli 2018 - 09:30 WIB

SKM Miliki Kadar Protein Relatif Lebih Tinggi Dibanding Jenis Lainnya

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Ahmad Syafiq memberikan pandangannya mengenai susu kental manis. Syafiq menyebutkan susu kental manis…

Pelari Kenya David Kibet Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018 (Foto: dok Industry.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:20 WIB

Pelari Asal Kenya Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018

Pelari asal Kenya meraih gelar juara kategori putra dan putri lari maraton MILO Jakarta International 10K 2018 yang berlangsung di Jakarta, Minggu, 15 Juli 2018. David Kibet berhasil menjuarai…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:14 WIB

BPOM: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Susu Kental Manis (SKM) merupakan susu dan aman untuk dikonsumsi, meskipun berbeda dengan krimer kental manis. Hal ini menyusul informasi yang…

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018 (Foto Rizki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 08:53 WIB

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018

Event olahraga bertaraf internasional ini resmi ditutup dengan seremoni pemberian hadiah yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Ketua…