Mentan Amran Lepas Ekspor 206,8 Ton Produk Unggas

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 April 2018 - 05:57 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas ekspor produk unggas berupa daging ayam olahan, pakan ayam dan anak ayam (DOC) dengan volume 206,8 ton untuk tujuan tiga negara.

Pengiriman ekspor produk unggas ke Timor Leste, Jepang dan Papua Nugini tersebut dilakukan Mentan di PT Charoen Pokphan Indonesia (CPI) selaku eksportir, di Jakarta, Jumat (20/4/2018)

"Setelah berhasil menembus pasar Jepang, Papua Nugini dan Timor Leste, kami targetkan produk unggas Indonesia dapat mengisi Malaysia dan Filipina, kemudian negara-negara ASEAN bahkan Asia," ujarnya.

Ekspor produk unggas tersebut terdiri daging ayam olahan dikirim sebanyak 6,89 ton ke Timor Leste, 6,69 ke Jepang dan 8,58 ton daging Papua Nugini.

Kemudian ekspor produk lain ke Papua Nugini berupa pakan ternak Feed LK 2420 sebanyak 120 ton, dan anak ayam berusia satu hari (day old chick/DOC) 5.000 ekor serta produk minuman kemasan sebanyak 63,7 ton.

Ekspor produk unggas sebanyak 12 kontainer ke Jepang, Timor Leste dan Papua Nugini tersebut diperkirakan senilai 135.254 dolar AS atau setara Rp1,85 miliar.

Sementera itu Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita kepada awak media mengatakan tak mudah bagi Indonesia bisa menembus pasar Jepang yang menetapkan persyaratan biosafety dan biosecurity sangat ketat.

Bahkan, tambahnya, Indonesia membutuhkan waktu hingga lima tahun untuk meyakinkan kembali negara tersebut pascapelarangan ekspor produk daging ayam olahan karena maraknya penyakit flu burung pada 2004.

Menurut Ketut Diarmita, diterimanya produk Indonesia oleh Jepang menjadi barometer jika daging ayam olahan asal Indonesia bisa diterima negara lain.

Presiden Direktur PT CPI Thomas Effendy mengatakan ekspor ke Timor Leste dan Jepang itu merupakan yang perdana sedangkan ke Papua Nugini yang keempat sejak 2017.

Ekspor ke Jepang, tambahnya, merupakan prestasi yang sangat baik mengingat negara tersebut sangat memperhatikan konsumennya.

Menurut dia, sejak 2014 Jepang mengirimkan tim dari Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (MAFF) untuk secara berkelanjutan melakukan penilaian kepada unit usaha pengolahan makanan PT CPI.

Hasil penilaian produk yang diizinkan ekspor ke Jepang, tambahnya, meningkat secara signifikan dari hasil kunjungan sebelumnya dan produk tersebut dapat diterima oleh konsumen Jepang.

"Dari hasil penilaian terakhir yang dilakukan oleh delegasi MAFF Jepang membuat kami semakin optimis untuk memasuki pasar Jepang sebagai pasar ekspor pertama kami di luar negara Asia Tenggara," ujar dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…