DPR Desak Pemerintah Perketat Peredaran Obat-Obatan Ilegal

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 19:53 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto Dok Industry.co.id)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memperketat peredaran obat-obatan impor ilegal dari China.

"Harus ada transparansi dan informasi yang memadai soal kandungan obat yang beredar di Indonesia," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Jumat (20/4/2018)

Bambang Soesatyo mengatakan hal itu merespons tindakan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya, Rabu (18/4), yang melakukan penyitaan terhadap 780 kemasan obat ilegal impor asal China karena tidak memiliki izin edar.

Obat-oabatan yang dijual di toko obat tersebut pada semua kemasannya bertuliskan bahasa China tanpa dilengkapi bahasa Indonesia, katanya.

Menurut dia, Kementerian Kesehatan bersama BPOM sepatutnya segera meneliti dan melakukan uji coba laboratorium terhadap obat-obatan ilegal tersebut, guna mengetahui kandungannya serta menyampaikan hasil uji coba laboratorium kepada masyarakat secara transparan.

Mantan Ketua Komisi Hukum DPR RI itu juga meminta BPOM memperketat pengawasan dan terus melakukan operasi rutin atas produk-produk obat yang dijual secara bebas di pasaran, guna meminimalisasi adanya pelanggaran dalam penjualan produk obat-obatan.

Dia mendorong Dinas Kesehatan di daerah menindak tegas pemilik toko-toko obat yang menjual obat-obatan ilegal, misalnya dengan menutup tempat usaha ataupun mencabut izinnya.

"Tindak tegas, agar ada efek jera di kalangan pemilik toko obat yang nakal," katanya.

Politisi Partai Golkar ini juga mengimbau masyarakat untuk berperan aktif guna menekan efek peredaran obat ilegal, yakni masyarakat membeli obat di tempat pelayanan resmi seperti apotek, rumah sakit, puskesmas, dan klinik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin