Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Palu, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda. 

"Kita akan dorong mereka untuk jadi start-up atau enterpreneur," ujar Airlangga usai memberikan kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018).

Ia menambahkan, nantinya kita akan dorong para start-up muda ataupun enterpreneur untuk mengisi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu. 

"Didalam KEK Palu ada Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas) dan kita berharap nantinya mereka bisa menjadi enterpreneur yang mengisi KEK atau enterpreneur berbasis furnitur," terangnya. 

Terkait minimnya penyerapan tenaga kerja lokal, Menperin menegaskan, industri di Sulawesi Tengah ini kan masih terbatas, dan masih dalam proses. 

"KEK juga baru KI Morowali juga baru, ini masih dalam proses untuk menyerap tenaga kerja lokal," kata Airlangga. 

Menurutnya, kebutuhan akan tenaga kerja lokal di Palu masih cukup banyak. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuat Politeknik khusus di Morowali agar kebutuhan dan skill antara Universitas dan SMK itu sama. 

Menperin berharap dengan adanya KEK Palu dan KI Morowali dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal, serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

BI: Kebutuhan Uang Tunai Lebaran Rp188,2 Triliun

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi memperkirakan kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2018 mencapai Rp188,2 triliun secara nasional.

Klappertaart (Foto : Galena)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:00 WIB

Ini Dia, Resep Klappertaart Kurma Hidangan Manis untuk Berbuka Puasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta Klappertaart merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan susu. Biasanya klappertaart menjadi makan penutup hidangan. Rasanya…

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,56 triliun.

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:51 WIB

Kinerja Usaha Mikro Kabupaten Garut Capai Rp 1,79 triliun

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya…

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (Foto Setkab)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:21 WIB

Presiden Jokowi Tandatangani PP THR Pensiunan ASN

Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian tunjangan hari raya kepada aparatur sipil negara, termasuk kepada para pensiunan ASN.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) (Foto Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:10 WIB

Rehat Tengah Hari, Saham-Saham Sektor Keuangan Topang IHSG ke Posisi 5.830

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menguat 1,39% atau 79 poin ke posisi 5.830 di akhir sesi pertama perdagangan Rabu (23/05/2018) ini dibandingkan posisi pada…