Presiden Jokowi Minta Lebih Gencar Publikasikan Asian Games 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 April 2018 - 13:30 WIB

 Asian Games 2018
Asian Games 2018

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut even Asian Games XVIII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang, Presiden Joko Widodo meminta agar lebih gencar dipublikasikan.

“Saya melihat belum ada pergerakan yang sangat signifikan terhadap promosi even Asian Games, baik di media-media lokal maupun internasional. Oleh sebab itu, saya minta sisi promosi untuk betul-betul diperhatikan," kata Presiden dalam siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Jumat (20/4/2018).

Presiden meminta menjelang pelaksanaan Asian Games aktivitas publikasi harus dilakukan secara rutin minimal dua minggu sekali, baik di media nasional maupun internasional.  

"Mestinya dalam posisi pelaksanaan yang sudah dekat, setiap dua minggu harus ada (publikasi) untuk media nasional maupun internasional. Harus rutin diadakan dalam rangka mempromosikan Asian Games ke-18 ini," ungkap Presiden.

Pada rapat terbatas tersebut, Presiden Jokowi menginginkan laporan dari jajaran terkait mengenai detail-detail lain, seperti persiapan infrastruktur transportasi, lokasi pertandingan, hingga kesiapan atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut.

"Saya ingin mendengar laporan detail mengenai persiapan, baik infrastruktur, venue maupun non-venue, dan persiapan teknis pelaksanaan mulai dari kira-kira pembukaan seperti apa, pertandingannya seperti apa hingga acara penutupan. Juga kesiapan para atlet kita yang akan berlaga di Asian Games ke-18," kata Presiden Jokowi.

Partisipasi Kementerian Pariwisata untuk mensukseskan even Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang, Kemenpar bersama dengan stakeholder pariwisata gencar mempromosikan paket-paket wisata even olahraga tersebut dalam berbagai pameran dan bursa pariwisata internasional.

Ajang Asean Tourism Forum (ATF) yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, pada TRAVEX (Travel Expo) di stand pameran disiapkan berbagai informasi tentang obyek wisata di sekitar venue Asian Games.

Untuk menarik calon wisatawan dari Malaysia, Kemenpar menyelenggarakan kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) di Palembang bagi Travel Agent atau Travel Operator dari Kuala Lumpur, Putrajaya, Perak dan Negeri Sembilan. Untuk melihat langsung kesiapan berbagai fasilitas pariwisata dan mengadakan table top dengan sellers.

Memfasilitasi industri pariwisata untuk berpartisipasi pada Vietnam International Travel Mart 2018, bertempat di Hanoi International Center for Exhibition dengan menggandeng 7 industri pariwisata terdiri travel agent dan hotelier sebagai sellers.

Mempromosikan 7 paket wisata bagi wisatawan yang akan menyaksikan langsung pertandingan olahraga dengan tagline Asian Games 2018 Tour Packages di pameran Malaysian Association of Tour and Travel Agent (MATTA) Fair.

Pada pameran NATAS Travel Fair tersebut oleh pelaku industri Indonesia telah disiapkan sekitar 151 paket wisata Asian Games, dimana sebesar 70 persennya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018, yakni Palembang, Jakarta dan Jawa Barat serta Banten.

Indonesia mendapat kerpercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games untuk kedua kalinya, yaitu Asian Games IV tahun 1962 di Jakarta dan pada Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus sampai
2 September 2018 mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…