Pertumbuhan Industri Perhotelan di Manado Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 April 2018 - 11:00 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Manado - Sekretaris Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Frankie Najoan mengatakan pertumbuhan industri hotel di Manado Ibu kota Provinsi Sulawesi Utara dalam lima tahun terakhir cukup positif.

"Pertumbuhan positif dan permintaan pengunjung hotel di Sulut juga semakin tinggi," kata Frankie di Manado, Jumat, (20/4/2018).

Pertumbuhan hotel cukup baik itu dikarenakan permintaan kamar dari wisatawan domestik hingga mancanegara utamanya dari Tiongkok terus tumbuh.

Apalagi, kata dia, kabar baiknya pemerintah daerah sedang mengkampanyekan Manado menjadi pusat Meeting Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) atau menjadi destinasi pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran, selain Jakarta dan Bali.

Dia menilai, secara perlahan daya tampung hotel di Manado sudah bisa menyokong event-event MICE.

Hanya jika event yang melihatkan ribuan orang digelar dalam waktu bersamaan, maka kapasitas tampung tidak akan cukup.

Karena itu, kata dia, pemerintah daerah perlu mempermudah izin investasi hotel di Manado dan Sulawesi Utara (Sulut). Agar kebijakan tersebut dapat merangsang investor pariwisata menanamkan modalnya di Bumi Nyiur Melambai.

Untuk data sementara paling tidak sejak 2014 ada sekitar sudah bertambah lebih dari 1.000 kamar hotel.

Jumlah kamar tersebut, kata dia, disumbangkan beberapa hotel baru di Manado. Diantaranya Best Western The Lagoon Hotel dengan kapasitas 160 kamar, Jle's Hotel 70 kamar, Top Hotel Manado 105 kamar, ibis Manado City Center Boulevard 154 kamar, Four Points by Sheraton Manado 257 kamar, Mel's Inn Manado 33 kamar, Biz Boulevard Hotel 48 kamar, Hotel Whiz Prime Megamas Manado 152 kamar, serta Genio Hotel 75 kamar.

Menurut dia, jika ditambah dengan rekapitulasi jumlah kamar hotel khusus Manado, dengan tahun perhitungan 2013, maka saat ini kapasitas kamar hotel di Manado hampir menyentuh 5.000 kamar.

"Data 2013 untuk hotel berbintang ada 1846 kamar dan hotel jasmine 1.910 kamar. Kalau ditambah dengan hotel baru maka jumlahnya mencapai sekitar 4.810 kamar," paparnya.

Artinya kata dia, jika masing-masing kamar dapat dihuni dua orang, maka kapasitas tampung hotel di Manado di kisaran 9.620 orang.

Tak hanya itu kata dia, tahun ini pihaknya mendapat informasi ada sekira dua hotel yang yang siap beroperasi. Hal ini kata dia, menjadi kabar baik bagi industri pariwisata di Manado.

"Mungkin ada sekitar dua yang siap hadir salah satunya S Loft Hotel dengan daya tampung hampir 50 kamar," ujarnya.

Disamping itu, untuk pagelaran event besar, Manado memiliki beberapa konvensi yang dapat menampung ratusan hingga ribuan orang. Diantaranya, Grand Kawanua Convention Center 3.000 orang. Manado Convention Center 3.000. Manado Grand Place Convention Center 2.000 orang. M-Icon 1500 orang. Nyiur Melambai 1.500 orang. Sintesa Peninsula 1.500-2.000 orang. Grand Ballroom Four Points by Sheraton Manado 1.800 orang. Serta Aston Manado Hotel sekitar 500 orang. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.