Pilkada Jabar, Pasangan Rindu Ungguli 2DM

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 07:15 WIB

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)
Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Hasil survei Indo Barometer menunjukkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhamul Ulum (Rindu) sebesar 36,7 persen, mengungguli pesaing terdekatnya Deddy Mizwar-Dedy Mulyadi (2DM) dengan elektabilitas 31,3 persen.

"Dari simulasi menggunakan surat suara, tingkat keterpilihan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebesar 36,7 persen, selisih 5,4 persen dengan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang memperoleh dukungan 31,3 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (18/4/2018)

Dia menjelaskan elektabilitas pasangan Sudrajat-Ahmad Saikhu (Asyik) sebesar 5,4 persen, pasangan Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) 3,4 persen, dan pemilih yang belum menandai apapun di surat suara sebesar 23,3 persen.

Menurut dia, dalam survei itu pihaknya membuat tiga skenario setelah melihat tingkat elektabilitas masing-masing pasangan calon, pertama pasangan Rindu menang.

"Skenario kedua adalah 2DM menang kalau bisa meningkatkan suara dan melampaui perolehan suara pasangan Rindu," ujarnya.

Qodari mengatakan, skenario ketiga adalah ada kejutan yaitu pasangan yang tidak diunggulkan seperti Asyik atau Hasanah berhasil memenangkan kontestasi Pilkada Jawa Barat 2018.

Dia menilai pasangan Asyik dan Hasanah elektabilitasnya masih rendah dibandingkan Rindu dan 2DM namun semua kemungkinan bisa terjadi.

"Rindu mengalami penurunan sejak penetapan calon yang sudah fix dan calon-calon sudah bekerja. Datangnya dua kandidat baru seperti Hasanah dan Asyik menggerogoti suara penantang dan dalam konteks ini, Rindu penantang berhadapan dengan 2DM yang notabene petahana," ujarnya.

Dia mengatakan hasil akhirnya semua tergantung kerja-kerja politik masing-masing paslon karena waktunya relatif panjang yaitu bulan April, Mei, dan Juni.
 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.