KPK-Kejati Sultra Koordinasi Pencarian Koruptor Buronan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 05:28 WIB

Penyidik KPK (Foto IST)
Penyidik KPK (Foto IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memfasilitasi dan memberi bantuan kepada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka pencarian dua terpidana (DPO) korupsi buronan.

"Ada dua perkara yang terkendala dan tidak dapat dilakukan eksekusi karena terpidananya melarikan diri," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (19/4/2018)

Pertama, kata Febri, terkait tindak pidana korupsi penyimpangan dalam pengadaan kendaraan bermotor roda empat pada Sekretariat Daerah Propinsi Sultra Tahun Anggara 2008.

Perkara tersebut telah "inkracht" sejak tahun 2014 dengan terpidana atas nama Chandra Liwang. Kemudian kedua, kata dia, terkait tindak pidana korupsi penyimpangan proyek pembangunan Kantor Bupati Kabupaten Konawe Utara Tahap II dan III Tahun Anggaran 2010 dan 2011.

Perkara itu telah "inkracht" berdasarkan Putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor: 2701K/Pid.Sus/2016 tanggal 31 Juli 2017 dengan terpidana atas nama H Sio Dinar.  Unit Koordinasi dan Supervisi Penindakan KPK pada Kamis melakukan koordinasi penanganan perkara korupsi dengan Kejaksaan Tinggi Sultra setelah sebelumnya pada Rabu (18/4) melakukan supervisi atas sejumlah perkara yang sedang ditangani Polda Sultra.

"Bertempat di kantor Kejati Sultra, KPK bersama para Asisten Kejati Sultra dan para Kajari yang dipimpin oleh Asdatun Kamari mewakili Kajati, membahas penanganan perkara korupsi dari tahun 2010 hingga tahun 2018," ucap Febri.

Dalam koordinasi itu, dibahas sekitar 90 perkara yang menurut tim Koordinasi dan Supervisi Penindakan KPK telah berjalan dengan baik.

"Sebagian besar bahkan telah berkekuatan hukum tetap dan beberapa perkara lainnya yang masih dalam proses pemberkasan," ungkap Febri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.