DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Oleh : Wiyanto | Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya
Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

INDUSTRY.co.id - Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan  kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh  Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI  didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf Ahli Menteri KKP dan Staf Ahli Menteri KLHK.

Rombongan DPR telah bertemu dengan  Pertemuan dg Pimpinan Komite Ekonomi Parlemen PNG dan  Wakil Menteri Pertanian PNG., di PNG Kamis (19/4/2018) (Dalam pertemuan tersebut Ketua Komisi IV menyampaikan: (1) DPR RI ikut prihatin  dengan terjadinya gempa di PNG pada bulan Pebruari yang lalu, (2) RI dan PNG adalah negara tetangga yang paling dekat, sudah selayaknya untuk meningkatkan kerjasama khususnya di bidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, (3) Komisi IV DPR RI menawarkan pendidikan pertanian, perikanan dan kehutanan khususnya bagi pemuda2 PNG.

Dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Menteri Pertanian, Mukti Sardjono menawarkan peningkatan impor beras dari Indonesia terutama dari Papua/Merauke yang telah dimulai oleh Bapak Menteri Pertanian tahun lalu. Beras dari Indonesia mempunyai kelebihan selain jaraknya dekat di perbatasan harganya juga sangat kompetitive dibandingkan dengan beras impor dari negara lain. Mukti menambahkan, sebagai sesama negara produsen kelapa sawit kami mengharapkan PNG untuk bersama2 menghadapi serangan negatif terhadap kelapa sawit. Disamping itu, Indonesia menghargai kepada Pemerintah PNG tentang rencana penandatangan MOU antar PNG dengan RI dibidang Perkarantinaan tgl 20 April 2018 di Bali. MOU ini diharapkan dapat mempromosikan produktivitas pertanian, perdagangan dan pembangunan ekonomi kedua pihak.

Parlemen dan Wakil Menteri Pertanian  PNG sangat menghargai kunjungan Komisi IV DPR RI ke PNG dan tentunya akan meningkatkan kerjasama yang semakin erat kedua negara. Terhadap tawaran pelatihan kepada pemuda2 PNG dan diharapkan segera dapat direalisasikan. Permintaan beras PNG terus meningkat dan tawaran Beras RI sangat menarik untuk dipertimbangkan. Saat  ini PNG juga mulai mengembangkan tanaman padi di beberapa lokasi.

Impor beras ke PNG saat ini terus meningkat sejalan meningkatnya permintaan terutama konsumen muda. Pemenuhan kebutuhan beras PNG dilakukan oleh perusahaan importir dari Australia, dengan sumber beras dari Thailand dan Vietnam.
Harga beras Jasmine Thailand di tingkat retail di Port  Moresby 1 kg = 4,6 Kina (sekitar Rp 20.000,-/ kurs 1 Kina = Rp 4.240). Ini merupakan peuang bagi beras Indonesia/Merauke untuk pemasaran/Eksport melalui perbatasan PNG.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.