Ekspor Industri Otomotif akan Melalui Pelabuhan Patimban Subang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 April 2018 - 16:07 WIB

Presiden Jokowi membuka IIMS 2018 (Foto Dokk Industry.co.id)
Presiden Jokowi membuka IIMS 2018 (Foto Dokk Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah Indonesia akan mempercepat pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, di Provinsi Jawa Barat untuk mendorong peningkatan ekspor otomotif.

"Nantinya memiliki sebuah pelabuhan yang mengefisienkan biaya-biaya yang ada, sehingga bisa bersaing dan berkompetisi dengan negara-negara lain," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2018 di JI-Expo, Jakarta pada Kamis.

Menurut Presiden, pemerintah juga terus menyederhanakan regulasi untuk kemudahan berusaha dan investasi untuk mendorong sektor otomotif di Tanah Air.

Presiden menilai revolusi industri 4.0 yang mulai terjadi dengan memanfaatkan teknologi digital dan automasi tetap akan mendorong peningkatan industri otomotif dengan adanya kebutuhan kendaraan.

Kepala Negara memaparkan adanya potensi kebutuhan kendaraan yang dapat beroperasi secara otomatis di luar negeri.

Jokowi menilai hal itu sebagai peluang untuk dikembangkan oleh industri otomotif di tanah air.

"Menurut saya transisi ke generasi berikutnya dari teknologi otomotif ini akan membuka peluang, membuka potensi luar biasa," ujar Presiden kepada awak media.

Selain itu, peningkatan ekspor kendaraan dan komponen otomotif akan membuka kesempatan lapangan kerja yang lebih besar bagi masyarakat, ujar Jokowi.

Sejumlah hal yang berpotensi untuk ditingkatkan yaitu ekspor industri otomotif seperti komponen-komponen kendaraan, maupun hasil industri kreatif yaitu motor modifikasi.

Pelabuhan Patimban direncanakan dikembangkan sebagai suatu pelabuhan dengan kapasitas lebih dari 7 juta TEUs sedangkan lapangan peti kemas di dalamnya seluas 35 hektar.

Pelabuhan itu akan dioperasikan oleh operator gabungan antara Indonesia dan Jepang dengan saham mayoritas Indonesia sehingga nanti Indonesia dapat menentukan jalannya operasi dari perusahaan.

Saat ini proyek Pelabuhan Patimban masih dalam tahap penilaian akhir tender dan diharapkan selesai dalam satu-dua pekan kedepan sehingga pada Mei atau Juni mendatang pembangunan Patimban dimulai.

Target penyelesaian pembangunan pelabuhan sebagian pada 2019 dan 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…