Industri Busana Muslim Indonesia Diakui Masyarakat Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 April 2018 - 15:22 WIB

Presiden Jokowi acara Muslim Fashion Festival (Foto Herlambang)
Presiden Jokowi acara Muslim Fashion Festival (Foto Herlambang)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo mengatakan, saat bertemu dengan masyarakat di negara lain, banyak yang menyampaikan keindahan industri busana muslim karya perancang asal Indonesia.

"Setiap kali saya keliling dunia, banyak bertemu dengan orang, selalu mereka menyampaikan kepada saya bahwa busana muslim desainer Indonesia sangat luar biasa dan sangat digandrungi," ungkap Jokowi dalam sambutan pembukaan Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia 2018 di Balai Sidang Jakarta pada Kamis.

Menurut Presiden, beberapa rancangan busana muslim Indonesia merupakan hasil karya dari sektor UMKM Tanah Air.

Di tengah kompetisi global, Presiden berharap seluruh pemangku kepentingan dalam industri busana muslim dapat bekerja sama agar busana asal Indonesia memiliki ciri khas tradisi Indonesia.

"Sekarang tinggal kita bagaimana mengembangkan ini sehingga tadi seperti disampaikan oleh Ketua Indonesia Fashion Chamber, Indonesia bisa menjadi pusat busana muslim dunia," ujar Jokowi kepada awak media.

Dalam sambutannya, Presiden juga mengapresiasi salah satu start-up asal Indonesia yang mempromosikan busana muslim memanfaatkan teknologi digital dengan laman hijup.com.

Presiden memuji produk, desain laman dan pelayanan hijup yang atraktif menggunakan inovasi teknologi digital.

Kepala Negara juga mengatakan industri busana muslim perlu bersinergi melihat peluang ke sektor lain, salah satunya sektor olahraga.

Industri busana perlu "melirik" inovasi dan kebutuhan atlet dalam beraktivitas olahraga dengan nilai-nilai tetap sebagai busana muslim.

"Inilah contoh pendekatan yang sangat baik, sangat progresif memanfaatkan 'e-commerce' untuk menjalankan muslim fashion benar-benar untuk abad 21," ujar Jokowi.

Dalam acara itu, Jokowi juga mengingatkan agar model busana muslim memunculkan gaya tradisi khas Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Jumat, 20 Juli 2018 - 08:00 WIB

Kapolri Tito Usulkan UU Perlindungan Penegak Hukum

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengusulkan adanya undang-undang untuk perlindungan penegak hukum karena berpotensi mendapat ancaman berat saat sedang menjalankan tugasnya.

BKPM

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:50 WIB

BKPM Fokus Tingkatkan Koordinasi Pusat-Daerah Dukung OSS

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan fokus untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara pusat dan daerah dalam implementasi sistem pelayanan yang terintegrasi secara elektronik…

Pengerjaan Proyek Infrastruktur (foto: Humas)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:46 WIB

Waketum Kadin: Sektor Konstruksi Merupakan Bisnis Yang Paling Menarik

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Erwin Aksa menyatakan bahwa sektor konstruksi sekarang merupakan bisnis yang paling menarik karena pemerintah gencar membangun infrastruktur.

PT Indika Energy Tbk (INDY) (Foto Tambang)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:42 WIB

Akhir Pekan IHSG Bakalan Tertekan

Diperkirakan IHSG akan bergerak kembali cenderung tertekan diakhir pekan dengan rentan support resistance 5814-5900. Saham-saham yang masih dapat dicermati diantarnya INDY, LPPF, TKIM, AALI,…

Densus 88 (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:37 WIB

Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Bandung

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menggeledah sebuah rumah di kawasan Mekar Wangi, Kota Bandung, Jawa Barat karena dihuni oleh seorang terduga teroris.