Galakan Penyediaan Listrik Berbasis EBT, 4 Pembangkit Listrik Berbasis Bio Energi Siap Beroperasi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 April 2018 - 10:15 WIB

Penandatangan KSO PLT Bioenergi antara Dirjen EBTKE dengan PLN
Penandatangan KSO PLT Bioenergi antara Dirjen EBTKE dengan PLN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penyediaan energi listrik berbasis energi baru terbarukan terus digalakkan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Hal ini seiring dengan penambahan empat pembangkit listrik berbasis bioenergi yang siap beroperasi, yaitu PLT Biogas Tanah Laut Kalimantan Selatan, PLT Biogas Lamandau Kalimantan Tengah, PLT Biogas Paser Kalimantan Timur, dan PLT Biomassa Bodohula Sumba Barat Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulayana mengungkapkan, pengoperasian pembangkit listrik tersebut merupakan optimalisasi aset negara yang akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah.

"Kita mengoptimumkan aset-aset yang berbasis Anggaran Pendatan dan Belanja Negara (APBN). Disini kuncinya karena ini adalah uang rakyat jadi tujuannya untuk rakyat juga," Ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana saat penandatangan Kerja Sama Operasi (KSO) PLT Bioenergi antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, Kamis (18/4/2018).

Rida menambahkan, kehadiran PLT berbasis bioenergi diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap energi yang akan mendorong peningkatan kualitas hidup dan perekonomian melalui industri kecil atau rumah tangga.

Selain itu, berkontribusi mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim, sekaligus memenuhi kebutuhan energi nasional dan mendukung pencapaian target bauran energi terbarukan sesuai yang telah diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014.

Usai penandatangan KSO, akan dilakukan inspeksi bersama (joint inspection) untuk mendeteksi kondisi awal sebagai referensi pengoperasian dan pemanfaatan pembangkit listrik berbasis bioenergi tersebut.

Bahkan Direktur Bioenergi Andriah Feby Misnah mengungkapkan, bakal ada 2 (dua) PLT Bioenergi lainnya dengan skema KSO antara Ditjen EBTKE dengan PT PLN, yaitu PLT Biogas Merangin, Jambi dan PLT berbasis Bahan Bakar Nabati di Belitung. "Saat ini kedua pembangkit masih dalam proses commisioning," jelas Andriah.

Untuk diketahui, selama periode 2013 - 2016, Ditjen EBTKE telah membangun 10 unit pembangkit listrik berbasis bioenergi, dimana 8 unit pembangkit pengelolaanya diserahkan kepada Pemda melalui BUMD, dan 2 unit pembangkit lagi kepada BUMN melalui mekanisme penyertaan modal pemerintah. Sepuluh unit pembangkit listrik berbasis bioenergi tersebut terdiri dari 1 unit PLTSa, 1 unit PLTBn, 1 unit PLTBm, dan 7 unit PLTBg.

Di penguhujung acara, pengoperasian pembangkit listrik bioenergi memberikan keuntungan bagi korporasi, seperti penurunan Biaya Pokok Penyediaan (BPP). "Ini kami hitung bisa menurunkan BPP untuk Sumba Barat Rp2.600," tegas Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara Djoko Raharjo Abumanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…