Produk Furnitur Indonesia Terjual Habis di Gelaran INDEX Exhibition Dubai

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 April 2018 - 08:41 WIB

Ilustrasi Produk Furniture (ist)
Ilustrasi Produk Furniture (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Produk furnitur berkualitas premium yang dipamerkan pada INDEX Exhibition di Dubai World Trade Centre, Dubai, Persatuan Emirat Arab, diminati pasar karena produk yang dipamerkan oleh pelaku usaha dalam negeri terjual habis.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Heny Rusmiati mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi Jatra Design Furnitur untuk turut serta pada pameran yang diikuti oleh 1.000 peserta dari 50 negara itu.

"Seluruh produk Jatra Design Studio yang dibawa ke INDEX Exhibition terjual habis. Produk-produk yang diminati antara lain meja rapat besar, sofa, dan kursi tamu. Beberapa buyer tercatat telah melakukan repeat order," kata Heny dalam keterangan tertulis.

Selain itu, lanjut Heny, Jatra Design Studio juga mendapatkan tawaran dari pelaku usaha furnitur asal Oman, Arab Saudi, dan PEA untuk menjadi distributor di kawasan Timur Tengah.

"Salah satu perusahaan yang tertarik menjadi agen tersebut adalah Almas Design yang merupakan perusahaan furnitur terbesar di PEA dan telah memiliki beberapa gerai yang tersebar di PEA," imbuh Heny.

Pada pameran tersebut, Jatra Design Studio juga melakukan kontak lanjutan dengan mitranya di PEA yaitu Neocasa Interiors yang telah dirintis sejak tahun 2017. Neocasa Interiors merupakan perusahaan ternama di PEA yang memasok furnitur di properti keluarga kerajaan di PEA.

Perusahaan tersebut ingin melakukan penjajakan lanjutan untuk menjadi investor di pabrik Jatra Design Studio di Indonesia, khususnya dalam memproduksi papan partikel (chipboard) untuk produk furnitur kualitas premium. Hingga saat ini, kedua belah pihak masih mempelajari kesepakatan kontrak kerja sama investasi.

"Jatra Design Studio telah meminta bantuan ITPC Dubai untuk memfasilitasi proses tersebut dan kami siap membantu," ujar Heny.

INDEX Exhibition merupakan pameran terbesar dalam bidang produk furnitur, kerajinan tangan, dan desain interior di PEA.

Pada pameran tersebut, sekitar 100 pengunjung potensial mendatangai stan Indonesia. Para pengunjung tercatat berasal dari PEA, Saudi Arabia, Oman, Lebanon, Kuwait, Iran, Australia, Macedonia, dan beberapa negara dari kawasan Afrika.

Selain itu, INDEX Exhibition merupakan salah satu pintu masuk untuk menjadi pemasok dalam proses pembangunan infrastruktur di negara tersebut.

"Saat ini, PEA sedang melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran, terutama hotel dan apartemen, dalam rangka menyambut World Expo 2020 Dubai. Untuk itu, peluang ini diharapkan dapat dimanfaatkan para pelaku usaha Indonesia," jelas Heny.

Tercatat, total perdagangan nonmigas Indonesia-PEA tahun 2017 tercatat sebesar US$2,1 miliar dengan nilai ekspor Indonesia sebesar US$1,5 miliar dan impor sebesar US$509,6 juta. Dengan demikian Indonesia mengalami surplus perdagangan nonmigas sebesar US$1 miliar.

Dari total ekspor nonmigas Indonesia ke PEA tahun 2017, produk furnitur memberikan kontribusi sebesar 0,57% saja. Ekspor furnitur Indonesia ke PEA pada tahun 2016 tercatat baru sebesar US$10 juta, atau hanya mencapai 1,2% dari total impor produk furnitur PEA dari seluruh dunia yang sebesar US$820,30 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jimmy Nazwar Roa (kanan) bersama Posan Tobing saat merilis single Hebat.

Sabtu, 20 April 2024 - 23:29 WIB

Sukses Jadi Pengusaha Parfum, Jimmy Nazwar Roa Jadi Penyanyi

Jimmy Nazwar Roa yang terkenal sebagai pengusaha dan motivator melebarkan karirnya sebagai penyanyi. Didukung Posan Tobing, ia merilis single Hebat.

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…