Pemprov DKI Masih Sempurnakan Pergub DP Nol Persen

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 April 2018 - 08:20 WIB

Sandiaga Uno Wagub DKI (Foto Dok Industry.co.id)
Sandiaga Uno Wagub DKI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menyempurnakan Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur kredit rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen.

"Kita lagi sempurnakan DP nol rupiah," kata Wakil Gubernur Pemprov DKI Sandiaga Uno di, Jakarta, Rabu (18/4/2018)

Sandi menuturkan, penyempurnaan Pergub DP nol persen dilakukan untuk menyelaraskan dengan aturan-aturan lain, terutama terkait Peraturan Bank Indonesia (PBI).

"PBI harus kita ikutin karena itu sakral, prudent, dan ada kepastian. Agar kita tidak tumpang tindih," ujar Sandi.

Bank Indonesia selaku otoritas makroprudensial sebelumnya telah menyatakan program DP nol persen yang diusung Pemprov DKI Jakarta dapat diimplementasikan selama bank-bank yang diajak kerja sama menjalankan prinsip kehati-hatian.

Dalam pasal 17 PBI No.18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk Kredit Properti, Rasio Financing to Value untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor, program pemerintah pusat atau daerah dikecualikan dari ketentuan LTV, dengan memperhatikan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip kehati-hatian.

Dengan demikian, program DP Nol persen yang diusung Pemprov DKI bisa dilakukan karena BI tidak mengatur soal ketentuan LTV -nya.

Saat ini, ketentuan rasio LTV kredit pemilikan rumah pertama menjadi 85 persen dari sebelumnya 80 persen. Dengan kata lain, uang muka kredit perumahan minimal 15 persen dari harga rumah untuk rumah pertama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…