Asosiasi Semen Indonesia Perkirakan Pasar Semen Indonesia Meningkat Hingga 5%

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 Januari 2017 - 14:07 WIB

Ilustrasi industri semen. (Merdeka/Dwi Narwoko)
Ilustrasi industri semen. (Merdeka/Dwi Narwoko)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Semen Indonesia (ASI) memperkirakan, pasar semen di Indonesia pada tahun ini akan meningkat antara 4% hingga 5% dibandingkan tahun lalu. Hal ini dipicu pembangunan sejumlah program infrastruktur dan amnesti pajak yang bisa mendongkrak konsumsi.

"Penjualan semen di Indonesia pada tahun lalu mencapai 62 juta ton. Dari jumlah tersebut, 40 juta ton menjadi konsumsi untuk sektor properti dimana terdapat proyek sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah," kata Ketua ASI, Widodo Santoso di Jakarta, Senin (23/1).

Menurut Widodo, pencapaian tersebut turun dibandingkan pada tahun 2015, dimana penurunan penjualan terjadi di Pulau Jawa sebesar 2%, Kalimantan sebanyak 12,3%.

"Sedangkan, di Sumatra, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku sampai Papua permintaannya lebih baik," tutur Widodo.

Widodo menambahkan, produksi semen di Indonesia mengalami kelebihan pasokan. Tahun lalu produksi semen mencapai 102 juta ton, namun penyerapannya hanya 62 juta ton.

"Pelaku industri semen meminta pemerintah membuat kebijakan strategis untuk meningkatkan penyerapan produksi semen nasional," ujar Widodo. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat Peresmian Laboratorium Uji Pelumas PT. Surveyor Indonesia (Persero) di Sentul, Bogor

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB

Menperin Akan Beri Sanksi bagi Industri yang Tidak Terapkan SNI Wajib Pelumas

Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelumas secara wajib.

BBRI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB

BBRI Terus Melesat Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., berhasil menorehkan capaian gemilang dengan mencatatkan harga saham tertinggi dengan nilai per unit saham di Bursa Efek Indonesia sebesar Rp. 4.040 atau…

Pasukan Brimob/Polisi (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

Tugas Tugas Berat Polri Jelang dan Pasca Pilpres 2019

Indonesa Police Watch (IPW) mendata ketiga tugas berat Polri itu yakni; Pertama, mengantisipasi rasa percaya diri yang berlebihan dari para pendukung capres. Sebab dikhawatirkan jika capresnya…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

BNI Syariah Optimalkan Engagement dengan Nasabah

Jakarta - BNI Syariah berusaha mengoptimalkan layanan kepada nasabah dengan meningkatkan engagement dengan nasabah.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi akan Hadiri Seminar Revolusi Industri 4.0 di Surabaya

Presiden Jokowi jadi pembicara kunci seminar berjudul "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang" bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta Gubernur Jawa…