Libatkan UKM Food Truck, Yuk! Berburu Kuliner Khas Jateng di Culinary Festival

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 18 April 2018 - 13:00 WIB

Food Truck (Foto:news.ishared.id)
Food Truck (Foto:news.ishared.id)

INDUSTRY.co.id, Semarang - Berbagai produk kuliner akan meramaikan kegiatan UKM "Culinary Festival" yang akan dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah pada 20-22 April 2018. Sebanyak 50 truk yang digunakan untuk berjualan berbagai produk kulinernya.

"Kegiatan UKM `Culinary Festival` akan dilaksanakan di kawasan Kota Lama Semarang dengan melibatkan peserta UKM `food truck` terbanyak di Indonesia," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati di Semarang.

Ia menjelaskan, kegiatan UKM "Culinary Festival" ini merupakan sebuah festival jenis makanan dan minuman nusantara dengan didukung berbagai jenis kegiatan yang menonjolkan produk-produk kuliner khas Jateng.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan citra Provinsi Jateng, khususnya di bidang kuliner serta memperkenalkan berbagai macam masakan nusantara, membuka kesempatan bagi para pedagang yang menjual makanan dan memperkenalkan dagangannya kepada masyarakat luas," ujarnya.

Pelibatan pegiat UKM "food truck" merupakan salah satu bagian dari kegiatan UKM "Culinary Festival" dengan sejumlah agenda yang akan meramaikan seperti pameran produk-produk hasil UKM, diorama dan miniatur, "talk show", konser musik, lomba fotografi.

Terkait dengan penyelenggaraan lomba foto pada kegiatan UKM "Culinary Festival", pendaftaran tidak dipungut biaya dan lomba dilakukan secara "on the spot" mulai saat pembukaan acara.

"Peserta lomba foto tinggal mengunggah fotonya ke akun instagram masing-masing dengan tag @culinaryfestival2018 dan hastag #culinaryfestival2018 dan #kulinersemarang.

Ia mengakui jika berjualan produk UKM makanan dengan menggunakan truk kuliner belakangan ini mulai berkembang di kota-kota besar, termasuk di Jateng juga mulai banyak warga yang mengembangkan konsep berwirausaha mulai dari menjual minuman, makanan, hingga makanan ringan.

Bahkan, bisnis berjualan kuliner dengan "food truck" diperkirakan mampu menggaet omzet cukup menggiurkan.

"Kami menargetkan jumlah pengunjung kegiatan ini per harinya bisa mencapai 2.500 orang," katanya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng tercatat jumlah UKM tiap tahun mengalami peningkatan, pada 2012 terdapat 80.583 UKM, pada 2013 meningkat menjadi 90.339 UKM, pada 2014 menjadi 99.681, 2015 meningkat menjadi 108.937 UKM, dan pada akhir 2016 meningkat menjadi 115.751 UMKM. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…