BCA Jamin Kartu Debet Nasional Sudah Berchip

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 April 2018 - 19:28 WIB

Bank Central Asia (Foto Ist)
Bank Central Asia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Central Asia Tbk menjamin seluruh kartu debet Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dikeluarkan perseroan sudah termigrasi dengan teknologi chip, alias tidak lagi menggunakan teknologi pita magnetik yang rentan penyadapan (skimming).

Direktur BCA Santoso dalam peluncuran kartu Paspor GPN BCA di Jakarta, Senin (16/4/2018) mengatakan jumlah kartu berteknologi chip versi GPN itu akan menambah sekitar 5,2 juta keping jumlah kartu debet BCA yang sudah menggunakan chip (existing).

"Kami sudah sekitar 30 persen atau 5,2 juta kart berchip dari total kartu debet BCA yang beredar sebanyak 16,2 juta keping," ujar Santoso.

Sedangkan sisanya yakni sekitar 11 juta kartu masih menggunakan pita magnetik (magnetic stripes).

Santoso mengatakan penerapan chip di seluruh kartu GPN untuk meningkatkan keamanan. Hal ini berbeda dengan beberapa bank yang masih menerbitkan kartu GPN dengan pita magnetik sesuai nominal saldo nasabah.

Adapun penggunaan teknologi chip merupakan salah satu cara untuk mencegah tindakan "skimming" pada kartu debet. "Skimming" atau penyadapan data nasabah untuk mencuri dana nasabah, merupakan kejahatan paling masif yang menyasar kelemahan kartu debet/ATM terutama yang masih menggunakan pita magnetik.

"Yang paling kita 'concern' dengan GPN ini adalah keamanan," ujar Santoso kepada awak media.

BCA menargetkan untuk menerbitkan kartu debet GPN hingga dua juta kartu sepanjang 2018 ini.

Santoso mengatakan dengan kartu debet GPN ini maka sistem pembayaran akan lebih efisien karena terjadi pertukaran pemanfaatan sarana infrastruktur pembayaran, seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri dan juga mesin Perekam Data Elektronik (EDC).

Dengan begitu, nasabah BCA jika ingin bertransaksi di sebuah toko (merchant) bisa menggunakan mesin EDC bank lain yang juga peserta GPN, dengan kesepakatan tarif yang lebih murah. Nasabah juga dapat menggunakan kartu debet GPN BCA untuk menarik tunai di ATM bank lain.

"Keunggulannya dengan GPN ini lebih nyaman karena terkoneksi, nanti tidak perlu lagi harus ATM BCA, ATM bank lain bisa, EDC bank lain bisa. Skema tarif akan mulai diatur kembali," ujar dia.

BCA juga menurunkan tarif administrasi kartu debet GPN sebesar Rp1000 rupiah per bulan untuk seluruh jenis kartu debet.

Selain itu, dengan kartu debet GPN, segala tahapan transaksi, dari pengalihan (routing) hingga penyelesaian (settlement) dilakukan oleh perusahaan dalam negeri sehingga segala prosesnya dilakukan di dalam negeri. Hal itu akan mengurangi peluang bocornya data nasabah ke pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Kartu debet GPN BCA, di tahap awal, baru akan tersedia di kantor cabang BCA Jabodetabek mulai 16 April 2018. Nasabah dapat mengganti kartu lamanya dengan kartu paspor BCA GPN atau membuka rekening baru untuk mendapat kartu paspor BCA GPN. Jika nasabah ingin mengganti kartu lama dengan kartu debet GPN, BCA tidak mengenakan biaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…

Konferensi Pers Kementerian Koperasi dan UKM dalam menyambut Harkopnas 2019, Jumat (17/1/2019)

Jumat, 18 Januari 2019 - 16:58 WIB

Purwokerto Diputuskan Jadi Tuan Rumah Harkopnas 2019

Puncak perayaan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2019 akan dilaksanakan di kota Purwokerto, Jawa Tengah, tepatnya di stadion Satria Purwokerto. Nantinya, para pelaku koperasi dari berbagai…