Ungkapan Rasa Syukur, Warga Magetan Gelar Festival Gebyar Labuhan Sarangan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 16 April 2018 - 20:00 WIB

 Festival Gebyar Labuhan Sarangan di Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Foto: kelanakota.suarasurabaya.net)
Festival Gebyar Labuhan Sarangan di Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Foto: kelanakota.suarasurabaya.net)

INDUSTRY.co.id, Magetan - Sebagai ungkapan rasa syukur, warga dan Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar Festival Gebyar Labuhan Sarangan di Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Lurah Sarangan, Tumiran menuturkan Festival Gebyar Labuhan Sarangan merupakan tradisi turun-temurun warga yang tinggal di sekitar Telaga Sarangan.

"Kegiatan ini sebenarnya merupakan tradisi bersih desa. Kemudian dilanjutkan Festival Gebyar Labuhan Sarangan oleh Pemkab Magetan," jelas Tumiran, Minggu (15/4/2018).

Menurut Tumiran, tujuan bersih desa dan festival tersebut untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan.

"Tujuannya untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah, karena kami bersama masyarakat telah diberikan rahmat berupa telaga. Dengan adanya telaga ini, masyarakat bisa hidup lebih sejahtera," ujarnya.

Kegiatan festival yang melibatkan ratusan orang tersebut diawali dengan kirab tumpeng berukuran besar dan gunungan yang tersusun dari berbagai hasil bumi. Berangkat dari sekitar kantor Kelurahan Sarangan menuju telaga sejauh sekitar 500 meter.

Kirab cukup meriah, karena manampilkan puluhan peserta berbusana karnaval. Juga didukung penampilan Reog Ponorogo. Ribuan orang memadati ruas jalan yang dilintasi peserta kirab.

Sampai telaga, tumpeng berukuran besar dan gunungan hasil bumi diusung menggunakan `speed boat` mengelilingi telaga yang berada di lereng Gunung Lawu dan memiliki luas 30 hektare.

Setelah mengelilingi telaga sekali putaran, tumpeng dilarung di tengah telaga disaksikan Bupati Magetan Sumantri, sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, warga sekitar dan wisatawan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…