Tak Harus Lewat Malang, Mendaki Gunung Semeru Bisa Lewat Lumajang, Begini Caranya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 16 April 2018 - 19:00 WIB

Ranu Kumbolo, di Gunung Semeru (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ranu Kumbolo, di Gunung Semeru (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Biasanya, para wisatawan yang hendak mendaki Gunung Semeru melalui jalur dari Malang baru menuju desa Ranu Pane, Lumajang. Tetapi, ternyata dari Kabupaten Lumajang langsung pun juga bisa menuju pendakian ke Gunung Semeru. Hal ini telah dikatakan oleh Agni A. Megatrah, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariewisata Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, jika ke Gunung Semeru melalui jalur Lumajang untuk kelompok maupun rombongan lebih nyaman lewan jalur Lumajang.

"Keuntungannya jika lewat Lumajang, akses dari desa Ranu Pane ke jalur pendakian Lumajang jalannya lebih enak. Tidak harus pakai kendaraan off road. Kemarin, pakai minibus bisa," katanya

Selain itu, keuntungan lainnya yaitu pemandangan yang disuguhkan jikalau lewat jalur Lumajang akan melewati daerah Senduro, yang merupakan kawasan hutan dengan melewati pepohonan yang rindang.

"Lalu, keunggulan lainnya wisatawan bisa melihat pemandangan di daerah Senduro yang merupakan masuk ke dalam kawasan hutan taman nasional," jelas Agni.

Diketahui, Lumajang memang berada di sisi timur kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain Malang,  pendaki lain seperti dari Jakarta bisa menuju Lumajang melalui beberapa akses alternatif. Misalnya menggunakan kereta api dengan tujuan stasiun Klakah.

"Ada delapan pemberhentian kereta api, rata-rata semuanya ada setiap hari. Kalau dari Surabaya, bisa naik Kereta Api Rangga Jati. Sementara,  jika naik pesawat, bisa turun di Surabaya lalu melanjutkan perjalanan darat menuju Lumajang jarak tempuhnya sekitar 3 hingga 4 jam. Dan, jika dari Jember-Lumajang, hanya sekitar 1 hingga 2 jam," pungkas Agni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).