Tak Harus Lewat Malang, Mendaki Gunung Semeru Bisa Lewat Lumajang, Begini Caranya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 16 April 2018 - 19:00 WIB

Ranu Kumbolo, di Gunung Semeru (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ranu Kumbolo, di Gunung Semeru (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Biasanya, para wisatawan yang hendak mendaki Gunung Semeru melalui jalur dari Malang baru menuju desa Ranu Pane, Lumajang. Tetapi, ternyata dari Kabupaten Lumajang langsung pun juga bisa menuju pendakian ke Gunung Semeru. Hal ini telah dikatakan oleh Agni A. Megatrah, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariewisata Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, jika ke Gunung Semeru melalui jalur Lumajang untuk kelompok maupun rombongan lebih nyaman lewan jalur Lumajang.

"Keuntungannya jika lewat Lumajang, akses dari desa Ranu Pane ke jalur pendakian Lumajang jalannya lebih enak. Tidak harus pakai kendaraan off road. Kemarin, pakai minibus bisa," katanya

Selain itu, keuntungan lainnya yaitu pemandangan yang disuguhkan jikalau lewat jalur Lumajang akan melewati daerah Senduro, yang merupakan kawasan hutan dengan melewati pepohonan yang rindang.

"Lalu, keunggulan lainnya wisatawan bisa melihat pemandangan di daerah Senduro yang merupakan masuk ke dalam kawasan hutan taman nasional," jelas Agni.

Diketahui, Lumajang memang berada di sisi timur kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain Malang,  pendaki lain seperti dari Jakarta bisa menuju Lumajang melalui beberapa akses alternatif. Misalnya menggunakan kereta api dengan tujuan stasiun Klakah.

"Ada delapan pemberhentian kereta api, rata-rata semuanya ada setiap hari. Kalau dari Surabaya, bisa naik Kereta Api Rangga Jati. Sementara,  jika naik pesawat, bisa turun di Surabaya lalu melanjutkan perjalanan darat menuju Lumajang jarak tempuhnya sekitar 3 hingga 4 jam. Dan, jika dari Jember-Lumajang, hanya sekitar 1 hingga 2 jam," pungkas Agni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi (Industry.co.id)

Minggu, 22 April 2018 - 06:47 WIB

Kemenhub Segera Keluarkan PeraturanTerkait Taksi Daring

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia akan mengeluarkan aturan baru dalam bentuk peraturan menteri terkait taksi "online" atau berbasis daring.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:43 WIB

Bank Indonesia Menilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:39 WIB

Sentimen Suku Bunga FED Menahan Rupiah

Ekonom Bank UOB, Enrico Tanuwidjaja menilai bahwa sentimen kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) masih menjadi salah satu faktor yang menahan apresiasi rupiah terhadap dolar…

Keseruan IIMS berpusat di Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam. Tidak hanya bangunan unik, tapi sejumlah kegiatan seperti Life-in 360 dan Trick Art, Barber Shop, Buka Garasi, IIMS Library

Minggu, 22 April 2018 - 06:22 WIB

Berikut Ragam Keseruan bagi Pengunjung di IIMS 2018

IIMS 2018 memiliki banyak acara seru salah satunya di Center Piece of Carni. Berbeda dari tahun lalu, Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam.

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo untuk kedua kalinya kembali menggelar REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall C3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Minggu, 22 April 2018 - 05:45 WIB

REI Targetkan Transaksi Rp 5 Triliun di Ajang REI Mega Expo 2018

Diikuti oleh sedikitnya 25 pengembang Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) membidik transaksi Rp 5 triliun dalam pameran REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall…