SKK Migas: Ada 74 Cekungan Migas Yang Belum Tersentuh Eksplorasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 April 2018 - 16:20 WIB

Ilustrasi Migas
Ilustrasi Migas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) menyebut ada sekitar 74 cekungan migas yang berpotensi memiliki kandungan minyak yang hingga saat ini belum tersentuh eksplorasi.

Sekretaris SKK Migas Arief S Handoko mengungkapkan dari 128 cekungan tersebut, sebanyak 74 cekungan hingga saat ini masih belum dilakukan eksplorasi untuk kemudian dimanfaatkan hasil migasnya.

"Ini peluang bagi industri hulu untuk pacu eksplorasi. Peluang cukup besar karena ada 74 basin (cekungan) belum di eksplorasi," kata Arief di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Oleh karena itu, SKK Migas tengah mendorong kegiatan eksplorasi di 74 cekungan tersebut dengan mempermudah perizinan bagi badan usaha yang berminat. Kemudian ketika izin didapat, pembebasan lahan yang berpotensi memiliki cadangan migas harus dipastikan berjalan mulus.

"Pesan pemerintah Jokowi memang perizinan harus dipangkas, segala hambatan harus dihilangkan," katanya.

Arief bilang produktivitas migas Indonesia dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Kini Indonesia hanya bisa memproduksi 800 ribu barel minyak mentah per hari. Padahal di tahun 1974 lalu, Indonesia mampu menghasilkan 1,7 juta barel minyak mentah per hari.

"Kita punya gap yang cukup besar. Per Maret 2018 kita masih punya gap di mana produksi kita yang dulu pernah mencapai 1,7 juta barel per day kira-kira di tahun 1974 kemudian turun sekarang cuma sampai 800 ribu barel. Kalau dari sisi konsumsi, konsumsi kita naik terus," katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).