SKK Migas: Ada 74 Cekungan Migas Yang Belum Tersentuh Eksplorasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 April 2018 - 16:20 WIB

Ilustrasi Migas
Ilustrasi Migas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) menyebut ada sekitar 74 cekungan migas yang berpotensi memiliki kandungan minyak yang hingga saat ini belum tersentuh eksplorasi.

Sekretaris SKK Migas Arief S Handoko mengungkapkan dari 128 cekungan tersebut, sebanyak 74 cekungan hingga saat ini masih belum dilakukan eksplorasi untuk kemudian dimanfaatkan hasil migasnya.

"Ini peluang bagi industri hulu untuk pacu eksplorasi. Peluang cukup besar karena ada 74 basin (cekungan) belum di eksplorasi," kata Arief di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Oleh karena itu, SKK Migas tengah mendorong kegiatan eksplorasi di 74 cekungan tersebut dengan mempermudah perizinan bagi badan usaha yang berminat. Kemudian ketika izin didapat, pembebasan lahan yang berpotensi memiliki cadangan migas harus dipastikan berjalan mulus.

"Pesan pemerintah Jokowi memang perizinan harus dipangkas, segala hambatan harus dihilangkan," katanya.

Arief bilang produktivitas migas Indonesia dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Kini Indonesia hanya bisa memproduksi 800 ribu barel minyak mentah per hari. Padahal di tahun 1974 lalu, Indonesia mampu menghasilkan 1,7 juta barel minyak mentah per hari.

"Kita punya gap yang cukup besar. Per Maret 2018 kita masih punya gap di mana produksi kita yang dulu pernah mencapai 1,7 juta barel per day kira-kira di tahun 1974 kemudian turun sekarang cuma sampai 800 ribu barel. Kalau dari sisi konsumsi, konsumsi kita naik terus," katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi (Industry.co.id)

Minggu, 22 April 2018 - 06:47 WIB

Kemenhub Segera Keluarkan PeraturanTerkait Taksi Daring

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia akan mengeluarkan aturan baru dalam bentuk peraturan menteri terkait taksi "online" atau berbasis daring.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:43 WIB

Bank Indonesia Menilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:39 WIB

Sentimen Suku Bunga FED Menahan Rupiah

Ekonom Bank UOB, Enrico Tanuwidjaja menilai bahwa sentimen kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) masih menjadi salah satu faktor yang menahan apresiasi rupiah terhadap dolar…

Keseruan IIMS berpusat di Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam. Tidak hanya bangunan unik, tapi sejumlah kegiatan seperti Life-in 360 dan Trick Art, Barber Shop, Buka Garasi, IIMS Library

Minggu, 22 April 2018 - 06:22 WIB

Berikut Ragam Keseruan bagi Pengunjung di IIMS 2018

IIMS 2018 memiliki banyak acara seru salah satunya di Center Piece of Carni. Berbeda dari tahun lalu, Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam.

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo untuk kedua kalinya kembali menggelar REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall C3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Minggu, 22 April 2018 - 05:45 WIB

REI Targetkan Transaksi Rp 5 Triliun di Ajang REI Mega Expo 2018

Diikuti oleh sedikitnya 25 pengembang Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) membidik transaksi Rp 5 triliun dalam pameran REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall…