Revolusi Industri ke 4, Pemerintah Akan Berikan Kemudahan Bagi Tenaga Digitalisasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 April 2018 - 12:58 WIB

Forum diskusi Merdeka Barat
Forum diskusi Merdeka Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan ditemukanya internet memunculkan revolusi industri yang ke 4 dimana efisiensi dari mesin dengan manusia dan mesin dengan mesin sudah terkoneksi dengan internet of things (IoT)

Meski begitu, Airlangga memastikan revolusi industri 4.0 tak akan mengancam profesi tertentu yang ada di masyarakat Indonesia, tapi justru semakin banyak profesi yang dibutuhkan dalam program Making Indonesia 4.0.

"Misalnyae-commerce, banyak profesi-profesi yang dibutuhkan seperticall center, custemer servicedan lainnya," kata Airlangga saat menjadi pembicara dalam Forum Merdeka Barat di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menteri Airlangga mengatakan, pemerintah akan memberikan kemudahan bagi tenaga-tenaga kerja digitalisasi yang ada di Indonesia sebagai antisipasi agar para tenaga kerja digital tersebut tidak lari ke luar negeri. "Sehingga mereka ini bisa disimpan di dalam negeri," ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahun 70an sampai tahun 90an terkait dengan otomatisasi dan robotisasi, jumlah tenaga kerja yang diserap sudah jauh lebih kecil di bandingkan revolusi kedua. Meski demikian tetap saja masih banyak profesi yang dibutuhkan pada era robotik tersebut.

"Banyak profesi-profesi yang dibutuhkan. Walaupun robotik tapi banyak pekerjaan di balik robot," ungkapnya.

Airlangga menambahkan, Pemerintah akan terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia untuk menjadi tenaga kerja digitalisasi. Menurutnya, hal itu sudah dipikirkan secara matang oleh pemerintah.

"Sesudah infrastruktur Pak Presiden mendorong untuk fokus ke pendidikan SDM. Tahun ini vokasi akan digenjot, kemudian politeknik, kemudian Kementerian Tenaga Kerja akan melakukanreskilling," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…