Revolusi Industri ke 4, Pemerintah Akan Berikan Kemudahan Bagi Tenaga Digitalisasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 April 2018 - 12:58 WIB

Forum diskusi Merdeka Barat
Forum diskusi Merdeka Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan ditemukanya internet memunculkan revolusi industri yang ke 4 dimana efisiensi dari mesin dengan manusia dan mesin dengan mesin sudah terkoneksi dengan internet of things (IoT)

Meski begitu, Airlangga memastikan revolusi industri 4.0 tak akan mengancam profesi tertentu yang ada di masyarakat Indonesia, tapi justru semakin banyak profesi yang dibutuhkan dalam program Making Indonesia 4.0.

"Misalnyae-commerce, banyak profesi-profesi yang dibutuhkan seperticall center, custemer servicedan lainnya," kata Airlangga saat menjadi pembicara dalam Forum Merdeka Barat di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menteri Airlangga mengatakan, pemerintah akan memberikan kemudahan bagi tenaga-tenaga kerja digitalisasi yang ada di Indonesia sebagai antisipasi agar para tenaga kerja digital tersebut tidak lari ke luar negeri. "Sehingga mereka ini bisa disimpan di dalam negeri," ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahun 70an sampai tahun 90an terkait dengan otomatisasi dan robotisasi, jumlah tenaga kerja yang diserap sudah jauh lebih kecil di bandingkan revolusi kedua. Meski demikian tetap saja masih banyak profesi yang dibutuhkan pada era robotik tersebut.

"Banyak profesi-profesi yang dibutuhkan. Walaupun robotik tapi banyak pekerjaan di balik robot," ungkapnya.

Airlangga menambahkan, Pemerintah akan terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia untuk menjadi tenaga kerja digitalisasi. Menurutnya, hal itu sudah dipikirkan secara matang oleh pemerintah.

"Sesudah infrastruktur Pak Presiden mendorong untuk fokus ke pendidikan SDM. Tahun ini vokasi akan digenjot, kemudian politeknik, kemudian Kementerian Tenaga Kerja akan melakukanreskilling," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…