Revolusi Industri ke 4, Pemerintah Akan Berikan Kemudahan Bagi Tenaga Digitalisasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 April 2018 - 12:58 WIB

Forum diskusi Merdeka Barat
Forum diskusi Merdeka Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan ditemukanya internet memunculkan revolusi industri yang ke 4 dimana efisiensi dari mesin dengan manusia dan mesin dengan mesin sudah terkoneksi dengan internet of things (IoT)

Meski begitu, Airlangga memastikan revolusi industri 4.0 tak akan mengancam profesi tertentu yang ada di masyarakat Indonesia, tapi justru semakin banyak profesi yang dibutuhkan dalam program Making Indonesia 4.0.

"Misalnyae-commerce, banyak profesi-profesi yang dibutuhkan seperticall center, custemer servicedan lainnya," kata Airlangga saat menjadi pembicara dalam Forum Merdeka Barat di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menteri Airlangga mengatakan, pemerintah akan memberikan kemudahan bagi tenaga-tenaga kerja digitalisasi yang ada di Indonesia sebagai antisipasi agar para tenaga kerja digital tersebut tidak lari ke luar negeri. "Sehingga mereka ini bisa disimpan di dalam negeri," ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahun 70an sampai tahun 90an terkait dengan otomatisasi dan robotisasi, jumlah tenaga kerja yang diserap sudah jauh lebih kecil di bandingkan revolusi kedua. Meski demikian tetap saja masih banyak profesi yang dibutuhkan pada era robotik tersebut.

"Banyak profesi-profesi yang dibutuhkan. Walaupun robotik tapi banyak pekerjaan di balik robot," ungkapnya.

Airlangga menambahkan, Pemerintah akan terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia untuk menjadi tenaga kerja digitalisasi. Menurutnya, hal itu sudah dipikirkan secara matang oleh pemerintah.

"Sesudah infrastruktur Pak Presiden mendorong untuk fokus ke pendidikan SDM. Tahun ini vokasi akan digenjot, kemudian politeknik, kemudian Kementerian Tenaga Kerja akan melakukanreskilling," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Lampu Hias Jelang Hari Jadi Kota Surabaya (Foto: enciety.co)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Jelang Hari Jadi Kota Surabaya, Ratusan dan Lampion Hiasi Jalan di Kota

Menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) yang ke-725 pada bulan Mei mendatang, ratusan lampu hias dan lampion dengan berbagai macam bentuk serta warna mulai menghiasi kawasan tengah Kota Surabaya…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…

Alsintan dari Kementan

Rabu, 25 April 2018 - 18:46 WIB

Kementan Melakukan Pelatihan Alsintan, Petani Antusias

Subang-Balai Desa Bojong Jaya mendadak ramai sejak pukul 07:00 pada Rabu pagi (25/4), para petani dari seantero Kecamatan Pusaka Jaya antusias untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan,…