Karolin Natasa Janji Siapkan Rumah Virtual untuk Dekranasda Kalbar

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 April 2018 - 09:50 WIB

dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)
dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa akan menyediakan rumah virtual dan pasar online melalui website khusus bagi perajin yang tergabung dalam Dekranasda Kalimantan Barat, untuk memaksimalkan dan memperluas penjualan hasil kerajinan masyarakat.

"Menjawab tantangan bagi para pengrajin di Kalbar agar produk-produk yang mereka hasilkan dapat dipasarkan dan menjangkau ke masyarakat luas, jika terpilih nanti kita akan membuat rumah virtual bagi mereka," kata Karolin di Pontianak, Minggu (15/4/2018)

Dia menjelaskan rumah virtual yang dimaksudnya merupakan sebuah website, berfungsi sebagai wadah bagi para pengrajin untuk memamerkan hasil kerajinan, bimbingan, informasi tentang pelatihan serta pengawasan terhadap para anggota sehingga tercipta lingkungan bisnis yang kondusif.

"Simpelnya, website Dekranasda Kalbar itu merupakan payung besar bagi para perajin. Kita akan mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membuat website yang sama dan terhubung ke Website Provinsi," katanya.

Bupati Landak yang sedang menjalani masa cutinya itu lebih dalam memaparkan bahwa tugas dari setiap Kabupaten/Kota yang akan mendata setiap pengrajin, kemudian mendaftarkan mereka sebagai anggota, jenis kerajinan yang dibuat, termasuk mendokumentasikan proses pembuatan kerajinan dan diupload di Website Dekranasda Kabupaten/Kota.

"Yang terpenting juga ketersediaan bahan baku, perlu dilampirkan disitu sehingga kami dari pihak pemerintah menyediakan bagi mereka, bisa disalurkan dalam bentuk bantuan kepada para pengrajin," ucap Karolin seperti dilansir Antara.

Dia juga menjelaskan jika semua sudah terdata dengan baik dan siap, serta ditetapkan standardisasi harga, selanjutnya Karolin akan mengembangkan aplikasi Dekranasda yang dapat diunduh di Appstore dan Playstore.

"Kita buat seperti Lazada, Bukalapak atau Tokopedia yang fungsinya untuk jual beli produk secara online, kita kerjasamakan dengan jasa-jasa pengiriman yang ada. Unuk fitur-fiturnya kita buat semenarik mungkin, isinya bisa jenis kerajinan, ketersediaan produk, profil pengrajin dan jika ada turis yang berminat mengunjungi para pengrajin, aplikasi itu bisa kita sediakan fitur Map, cara menjangkau lokasi bahkan kita akan lengkapi dengan tour guide di wilayah para pengrajin. Ini benar-benar berdampak baik bagi kehidupan masyarakat luas," kata Karolin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…

Jane Callista, Penyanyi Anak-anak Yang Memilih Jalur Opera Broadway

Senin, 10 Desember 2018 - 14:52 WIB

Jane Callista Penyanyi Cilik Yang Mantap Memilih Jalur Opera Broadway

Di tengah gempuran lagu-lagu dewasa yang liriknya banyak yang tidak cocok dinyanyikan oleh anak-anak, terdengar kabar merdu. Ada seorang anak dengan bakat istimewa mengeluarkan album berjudul…

Willy Aviantara Beraksi Bersama Jane Callista Dalam World Of Bambini di Ice Palace. Minggu (9/12)

Senin, 10 Desember 2018 - 14:09 WIB

WAV Entertainment Sukses Gelar Rerun The World of Bambini

Rayakan sembilan tahun berkarya, WAV Entertainment kembali gelar konser musikal bertajuk The World of Bambini di Ice palace, Mal Lotte Shopping Avenue, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018)…

APP Sinar Mas

Senin, 10 Desember 2018 - 14:08 WIB

APP Sinar Mas Kembangkan Inovasi Wujudkan Komitmen Tercapainya SDG

Pemerintah terus mengembangkan riset dan inovasi yang bisa menggerakkan dunia usaha untuk berkolaborasi dengan masyarakat guna mencapai agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development…