Karolin Natasa Janji Siapkan Rumah Virtual untuk Dekranasda Kalbar

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 April 2018 - 09:50 WIB

dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)
dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa akan menyediakan rumah virtual dan pasar online melalui website khusus bagi perajin yang tergabung dalam Dekranasda Kalimantan Barat, untuk memaksimalkan dan memperluas penjualan hasil kerajinan masyarakat.

"Menjawab tantangan bagi para pengrajin di Kalbar agar produk-produk yang mereka hasilkan dapat dipasarkan dan menjangkau ke masyarakat luas, jika terpilih nanti kita akan membuat rumah virtual bagi mereka," kata Karolin di Pontianak, Minggu (15/4/2018)

Dia menjelaskan rumah virtual yang dimaksudnya merupakan sebuah website, berfungsi sebagai wadah bagi para pengrajin untuk memamerkan hasil kerajinan, bimbingan, informasi tentang pelatihan serta pengawasan terhadap para anggota sehingga tercipta lingkungan bisnis yang kondusif.

"Simpelnya, website Dekranasda Kalbar itu merupakan payung besar bagi para perajin. Kita akan mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membuat website yang sama dan terhubung ke Website Provinsi," katanya.

Bupati Landak yang sedang menjalani masa cutinya itu lebih dalam memaparkan bahwa tugas dari setiap Kabupaten/Kota yang akan mendata setiap pengrajin, kemudian mendaftarkan mereka sebagai anggota, jenis kerajinan yang dibuat, termasuk mendokumentasikan proses pembuatan kerajinan dan diupload di Website Dekranasda Kabupaten/Kota.

"Yang terpenting juga ketersediaan bahan baku, perlu dilampirkan disitu sehingga kami dari pihak pemerintah menyediakan bagi mereka, bisa disalurkan dalam bentuk bantuan kepada para pengrajin," ucap Karolin seperti dilansir Antara.

Dia juga menjelaskan jika semua sudah terdata dengan baik dan siap, serta ditetapkan standardisasi harga, selanjutnya Karolin akan mengembangkan aplikasi Dekranasda yang dapat diunduh di Appstore dan Playstore.

"Kita buat seperti Lazada, Bukalapak atau Tokopedia yang fungsinya untuk jual beli produk secara online, kita kerjasamakan dengan jasa-jasa pengiriman yang ada. Unuk fitur-fiturnya kita buat semenarik mungkin, isinya bisa jenis kerajinan, ketersediaan produk, profil pengrajin dan jika ada turis yang berminat mengunjungi para pengrajin, aplikasi itu bisa kita sediakan fitur Map, cara menjangkau lokasi bahkan kita akan lengkapi dengan tour guide di wilayah para pengrajin. Ini benar-benar berdampak baik bagi kehidupan masyarakat luas," kata Karolin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Lampu Hias Jelang Hari Jadi Kota Surabaya (Foto: enciety.co)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Jelang Hari Jadi Kota Surabaya, Ratusan dan Lampion Hiasi Jalan di Kota

Menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) yang ke-725 pada bulan Mei mendatang, ratusan lampu hias dan lampion dengan berbagai macam bentuk serta warna mulai menghiasi kawasan tengah Kota Surabaya…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…

Alsintan dari Kementan

Rabu, 25 April 2018 - 18:46 WIB

Kementan Melakukan Pelatihan Alsintan, Petani Antusias

Subang-Balai Desa Bojong Jaya mendadak ramai sejak pukul 07:00 pada Rabu pagi (25/4), para petani dari seantero Kecamatan Pusaka Jaya antusias untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan,…