Karolin Natasa Janji Siapkan Rumah Virtual untuk Dekranasda Kalbar

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 April 2018 - 09:50 WIB

dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)
dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa akan menyediakan rumah virtual dan pasar online melalui website khusus bagi perajin yang tergabung dalam Dekranasda Kalimantan Barat, untuk memaksimalkan dan memperluas penjualan hasil kerajinan masyarakat.

"Menjawab tantangan bagi para pengrajin di Kalbar agar produk-produk yang mereka hasilkan dapat dipasarkan dan menjangkau ke masyarakat luas, jika terpilih nanti kita akan membuat rumah virtual bagi mereka," kata Karolin di Pontianak, Minggu (15/4/2018)

Dia menjelaskan rumah virtual yang dimaksudnya merupakan sebuah website, berfungsi sebagai wadah bagi para pengrajin untuk memamerkan hasil kerajinan, bimbingan, informasi tentang pelatihan serta pengawasan terhadap para anggota sehingga tercipta lingkungan bisnis yang kondusif.

"Simpelnya, website Dekranasda Kalbar itu merupakan payung besar bagi para perajin. Kita akan mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membuat website yang sama dan terhubung ke Website Provinsi," katanya.

Bupati Landak yang sedang menjalani masa cutinya itu lebih dalam memaparkan bahwa tugas dari setiap Kabupaten/Kota yang akan mendata setiap pengrajin, kemudian mendaftarkan mereka sebagai anggota, jenis kerajinan yang dibuat, termasuk mendokumentasikan proses pembuatan kerajinan dan diupload di Website Dekranasda Kabupaten/Kota.

"Yang terpenting juga ketersediaan bahan baku, perlu dilampirkan disitu sehingga kami dari pihak pemerintah menyediakan bagi mereka, bisa disalurkan dalam bentuk bantuan kepada para pengrajin," ucap Karolin seperti dilansir Antara.

Dia juga menjelaskan jika semua sudah terdata dengan baik dan siap, serta ditetapkan standardisasi harga, selanjutnya Karolin akan mengembangkan aplikasi Dekranasda yang dapat diunduh di Appstore dan Playstore.

"Kita buat seperti Lazada, Bukalapak atau Tokopedia yang fungsinya untuk jual beli produk secara online, kita kerjasamakan dengan jasa-jasa pengiriman yang ada. Unuk fitur-fiturnya kita buat semenarik mungkin, isinya bisa jenis kerajinan, ketersediaan produk, profil pengrajin dan jika ada turis yang berminat mengunjungi para pengrajin, aplikasi itu bisa kita sediakan fitur Map, cara menjangkau lokasi bahkan kita akan lengkapi dengan tour guide di wilayah para pengrajin. Ini benar-benar berdampak baik bagi kehidupan masyarakat luas," kata Karolin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…