PDI Perjuangan Ingatkan Kader Tiru Kepemimpinan Presiden Jokowi

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 April 2018 - 09:25 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Padat Karya Tunai di Kota Sorong
Presiden Jokowi Tinjau Padat Karya Tunai di Kota Sorong

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan anggota legislatif dan struktur partainya untuk meniru kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang rajin menemui dan mendengarkan aspirasi rakyat.

Hasto Kristiyanto saat menyampaikan sambutannya pada Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, seperti dikutip melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Minggu (15/4/2018)  mengatakan Presiden Joko Widodo rajin menemui dan mendengar aspirasi rakyat, sekaligus membumikan Pancasila melalui jalan Trisakti.

Trisakti adalah ajaran Bung Karno yang mengandung tiga prinsip yakni, berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Menurut Hasto, Presiden Joko Widodo telah berhasil melakukan pembangunan yang merata dan menjadikan Kalimantan sebagai halaman depan Indonesia yang cantik sebagaimana daerah perbatasan lainnya.

"Kepemimpinan bersama dan di tengah-tengah rakyat itu jugalah yang diterapkan Presiden Jokowi" kata Hasto.

Sekjen hasil Kongres PDI Perjuangan tahun 2015 itu menambahkan, evaluasi akan berlaku pada figur yang tidak turun menemui dan menyerap aspirasi rakyat.

"Ketua DPD serta anggota DPRD yang tidak pernah turun ke bawah, perlu dievaluasi pencalonannya," ujar Hasto.

Hasto juga mengingatkan, dengan rajin turun dan menemui rakyat, maka kader partai baik dalam struktur partai maupun terpilih sebagai anggota legislatif akan dekat dan berada di tengah rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Hasto membakar semangat seluruh kadernya di Kalimantan Barat untuk bersama-sama memenangkan seluruh calon yang diusung PDI Perjuangan pada pillkada 2018 dan pemilu 2019.

Menurut dia, kekuatan PDI Perjuangan adalah struktur partai dan kader yang solid hingga ke akar rumput sebagai wujud kedekatan dengan rakyat, sesuai dengan semangat yang digelorakan Bung Karno melalui "dedication of life".

"Jangan pernah melupakan cabang, anak, cabang, ranting, dan anak ranting, termasuk satgas, karena itulah kekuatan PDI Perjuangan," tegas Hasto.

"Dedication of life" selalu dibacakan oleh ketua ranting, kata dia, karena PDI Perjuangan ingin menunjukkan bahwa partai selalu bergerak ke bawah bersama rakyat.

"Dengan bersama dan berada di tengah rakyat, maka harapan rakyat akan sama dengan perjuangan PDI Perjuangan," katanya.

Menurut Hasto, pilkada dan pemilu adalah pesta demokrasi yang harus dilalui dengan kegembiraan, dan bukan sesuatu yang harus direbut secara membabi buta dengan menghalalkan segala cara.

PDI Perjuangan tidak ingin terjadi perecahan di tengah rakyat hanya karena persaingan dalam pemilu, karena bagi PDI Perjuangan persatuan bangsa adalah hal penting yang harus dijaga.

Hasto juga menegaskan, kemenangan dalam pilkada dan pemilu legislatif di Kalimantan, harus satu tarikan napas dengan kemenangan Joko Widodo pada pemilu presiden 2019.

"Persatuan Indonesia itu terdiri dari semua etnis dan semua agama. Itu kenapa PDI Perjuangan selalu menggelorakan, 'one for all, all for one'," sambung dia.

Di ujung pidatonya, Hasto mengajak seluruh kader banteng di Kalimantan untuk solid dan tegak lurus mematuhi instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kalau ada elite partai yang mendukung calon partai di kabupaten, tapi mendukung calon lain di provinsi, itu adalah pengkhianat partai," tegas Hasto yang disambut riuh peserta Rakercabsus.

Pada pilkada Gubernur Kalimantan Barat, PDI Perjuangan mengusung Karolin Margret Natasa yang maju bersama Suryadman Gidot dari Partai Demokrat.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…