Pastor Letnan Kolonel (Sus) Yoseph Maria Marcelinus Bintoro Raih Rekor Muri

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 April 2018 - 08:20 WIB

Letnan Kolonel (Sus) Romo Yoseph Maria Marcelinus Bintoro (Foto Dok Industry.co.id)
Letnan Kolonel (Sus) Romo Yoseph Maria Marcelinus Bintoro (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Mungkin Anda tidak berpikir menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersamaan dengan menjadi seorang Pastor. Namun, Letnan Kolonel (Sus) Romo Yoseph Maria Marcelinus Bintoro membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi Pastor sekaligus anggota TNI.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Yoseph sebagai 'Pastor Pertama yang Sekolah Perwira Prajurit Karir di Akmil'.

Penghargaan diserahkan Pendiri MURI Jaya Suprana di Balairung Jaya Suprana Performing Arts Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu, (15/4/2018).

Romo Yoseph mengatakan agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan profesinya sebagai pastor dimana diidentikkan dengan perdamaian dimana hal itu berbarengan bersama profesinya sebagai anggota TNI yang identik dengan peperangan.

"Kami siap perang tapi kami juga siap membawa perdamaian," ujar Romo Yos Bintoro yang memiliki lima Satyalancana.

Lebih lanjut, menurut Romo Yos Bintoro yang kini aktif di Akademi Angkatan Udara, apa yang sudah dilakukannya ini merupakan bentuk kecintaannya kepada bangsa Indonesia.

"Cinta pertama kita adalah pada negeri. Cinta negeri adalah suatu bakti kepada bangsa dan agama dan itu lah yang sebetulnya harus kita ingin hidupi," tukasnya.

Ialah Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja SJ yang menugaskan Romo Yoseph menjadi orang pertama yang menjadi pastor sekaligus TNI.

Setelah ditahbiskan sebagai imam tahun 1996 Romo Yoseph mengikuti pendidikan Perwira Prajurit Karir di Akademi Militer Magelang dan dilantik pada tahun 1997 dengan pangkat Letnan Dua.

Meski mengaku sempat frustasi selama empat tahun saat diberikan penugasan sebagai pastor tentara namun kini dirinya mengaku bangga atas penugasan itu.

Seiring berjalannya waktu, pria yang kini berusia 51 tahun ini sadar bahwa tugas di TNI AU tidak cukup hanya memberikan pembinaan rohani atau sekedar pelayanan pastoral saja. Romo Yos mengaku akan berbuat sesuatu untuk menyiapkan apa yang dibutuhkan TNI AU ke depan.

Selain Romo Yos Bintoro ada 9 orang yang juga menerima penghargaan dari MURI yaitu Drum Pertama dengan Ornamen Batik dari Proses Tradisional atas nama Haryo Sasongko Susanto & Kyre Drums, Militer Pertama yang Menjabat Wakil Perdana Menteri Mayjen TNI (purn) dr.AK. Gani, Doktor Kimia Termuda Dr. Grandprix Thomryes Marth Kadja, Tari Pendet oleh Penyandang Disabilitas Rungu Terbanyak Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons.

Menulis Buku dengan Metode Menemu Baling oleh Guru Terbanyak Ikatan Guru Indonesia, Pendaki 7 (Tujuh) Puncak Tertinggi di Indonesia dalam Kurun Waktu 100 Hari Tri Hardiyanto Pranata Putra dan Mila Ayu Hariyanti, Pemasangan Double Deck Elevator Pertama PT Kone Indo Elevator, Mengunggah Lagu Terbanyak di Grup WhatsApp Adharta Ongkosaputra serta Ahli Hukum Tata Negara Termuda sebagai Saksi Ahli di MA dan MK Muhammad Rullyandi, S.H., M.H.

Dalam kesempatan itu Jaya Suprana mengatakan bahwa semua rekor istimewa, semua rekor tidak ada duanya dan semua rekor merupakan rekor baru yang sebelumnya belum tercatat. Hingga kini MURI sudah memberikan penghargaan sebanyak delapan ribu. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Seorang karyawan sedang mendata hasil mixgas PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (Foto: Humas SBMA)

Selasa, 16 April 2024 - 06:08 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Catat Pendapatan dan Laba 2023 Kompak Naik

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) sukses menorehkan kinerja cemerlang di sepanjang tahun 2023. Emiten gas industri ini mampu mengumpulkan pendapatan hingga Rp113,36 miliar atau naik 9,38…

Siap Jelajahi Potensi Desa, BSI Explore 2025 Jadi Rebutan Mahasiswa

Selasa, 16 April 2024 - 04:56 WIB

Siap Jelajahi Potensi Desa, BSI Explore 2025 Jadi Rebutan Mahasiswa

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengumumkan pembukaan tahap seleksi administrasi untuk BSI Explore 2025, yakni program menjelajahi dan menggali potensi 37 Desa yang akan dilaksanakan…

Teknologi QRIS Soundbox DANA Beraksi Lancarkan Transaksi Burno Coffee

Selasa, 16 April 2024 - 04:45 WIB

Teknologi QRIS Soundbox DANA Beraksi Lancarkan Transaksi Burno Coffee

Apakah kamu pernah menunggu terlalu lama untuk secangkir kopi? Zaman serba cepat saat ini ternyata tidak sepenuhnya menjamin otomatisasi memberikan layanan yang cepat dan murah, seperti halnya…