Bank BTN Kirim UKM Lokal Binaannya ke Ajang ICPF 2018 di Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Minggu, 15 April 2018 - 18:06 WIB

Bank BTN Kirim UKM Lokal Binaannya ke Ajang ICPF 2018 di Malaysia (Foto Dok Industry.co.id)
Bank BTN Kirim UKM Lokal Binaannya ke Ajang ICPF 2018 di Malaysia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur– PT Bank Tabungn Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, mengirimkan beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaannya untuk ikut dalam Pameran Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia.

R. Mahelan Prabantarikso, Direktur BBTN, mengemukakan, Bank BTN hingga kini telah ikut mendukung pengembangan produk lokal dengan membina hampir 500 UKM di Indonesia. Ratusan UKM tersebut dibina BTN melalui 10 Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dikelola di seluruh Indonesia.

Di samping pembinaan, demikian Mahelan, Bank BTN juga membuka akses berbagai UKM tersebut go-online. Hingga kini,  sebanyak hampir 300 UKM telah difasilitasi perseroan untuk go-online melalui situs blanja.com.

"Selain pembinaan dan akses go-online, kali ini kami juga semakin membuka akses produk lokal go-global dengan mengirimkan berbagai UKM binaan kami berpromosi di ajang ICPF 2018. Ke depan, kami akan terus membantu pengembangan dan promosi UKM lokal sejalan dengan program BUMN Hadir untuk Negeri," ujar Mahelan dalam Penutupan ICPF 2018 di Kuala Lumpur, Minggu (15/04/2018).

Menurut Mahelan, partisipasi Bank BTN dalam ajang ICPF 2018 juga merupakan bentuk apresiasi Bank BTN sebagai pendamping UKM yang selama ini menjadi binaan perseroan dalam mengembangkan bisnis di dalam negeri agar dapat bersaing dan go-global.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Bank BTN terhadap program pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam program RKB. Hal itu untuk mengembangkan industri kecil dan menengah di daerah agar secara mandiri mereka dapat hidup dan besar di negeri sendiri dengan pendampingan bank.

“Ke depan, kami ingin agar UKM binaan Bank BTN tidak hanya diperkenalkan di kancah Asean, tapi juga hingga ke Eropa dan Amerika,” tukas Mahelan.

Adapun, berbagai UKM yang dikirimkan Bank BTN ke ajang promosi di negeri Jiran tersebut di antaranya Omah Wayang yang merupakan usaha wayang kulit asli binaan RKB Bank BTN di Bantul. Bank BTN juga mengirimkan UKM Sumbersari Batik binaan RKB di Jember yang mengembangkan Batik Khas Jember.

Kemudian, Bank BTN juga membantu memperkenalkan batik khas Bangka lewat UKM Batik Kampung Katak yang dibina RKB perseroan di Bangka. Tenun khas Palembang juga diikutkan dalam pameran ICPF 2018 melalui UKM Rumah Tanjung Antiq binaan RKB Bank BTN di Palembang. Bank BTN juga mengirimkan UKM B'doelur Gallery yang menawarkan produk busana dengan warisan lokal Palembang.

Selain mengirimkan berbagai UKM lokal, Bank BTN juga memperkenalkan budaya Ibu Pertiwi dengan menampilkan Vocal Group Suara Harmoni. Vocal group  karyawan BTN yang telah menjuarai berbagai ajang kompetisi tersebut menampilkan racikan budaya Indonesia melalui lagu dan tarian di negeri Jiran.

Sementara itu, pameran ICPF 2018 merupakan ajang promosi produk lokal pertama yang dihelat Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ajang tersebut berlangsung di Gedung Putra World Trade Center, Kuala Lumpur mulai 13-15 April 2018.

Di kesempatan yang sama, Fajar Hari Sampurno, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, mengatakan ajang ICPF 2018 memberikan akses pemasaran selain fasilitas pendanaan dan pembinaan yang telah dilakukan 215 RKB untuk berbagai UKM di Indonesia.

“Ke depan, kami berharap melalui ajang ini, UKM-UKM di Indonesia akan memiliki akses pasar yang lebih luas,” imbuh Fajar.

Selama tiga hari pameran tersebut digelar, tercatat ada sekitar 6.000 pengunjung dengan total transaksi sekitar Rp5,5 miliar dan potensi transaksi ke depan mencapai Rp10 miliar.

Dalam pameran tersebut, terdapat berbagai produk yang ditampilkan UKM nasional seperti fashion & embroidery, leather product, shoes & accesories, apparel, textile & fashion accesories, luggage, cases, bags, travel goods, gifts, crafts, houseware, beauty & personal care, home decoration, furniture, dan sebagainya. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…