Hadapi Musim Mudik Lebaran, JSB Genjot Pengerjaan Tol Batang-Semarang

Oleh : Hariyanto | Minggu, 15 April 2018 - 14:23 WIB

Pengerjaan proyek ruas jalan tol
Pengerjaan proyek ruas jalan tol

INDUSTRY.co.id - Kendal - Menghadapi musim mudik lebaran 2018, PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) terus menggenjot pengerjaan fisik Tol Batang-Semarang agar dapat fungsional dilalui oleh pemudik. Rencananya, jalan akan dibuka satu jalur dua lajur.

Hal itu disampaikan Pimpinan Proyek Jalan Tol Batang Semarang R Beni Dwi Septiadi saat mendampingi Plt Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi meninjau progress konstruksi tol Semarang-Batang seksi V, IV, dan III melalui rute Simpang Susun Krapyak Kalikangkung Kaliwungu Sumbersari Simpang Susun Weleri sekaligus meninjau jembatan Kalikuto, Jumat (13/4/2018).

Beni menyampaikan, secara keseluruhan konstruksi tol sepanjang 74,20 km itu kini mencapai 74% dari lima seksi yang dibangun. Yaitu Seksi I Batang -Tulis (3,20 km), Seksi II Tulis Weleri (36,35 km), Seksi III Weleri Kendal (10,75 km), Seksi IV Kendal Kaliwungu (13,50 km), dan Seksi V Kaliwungu Semarang (10,40 km).

"Konstruksi secara umum totalnya 74 persen. Namun diusahakan fungsional lebaran nanti nyambung dari Batang hingga Semarang. Tadi kita sudah bersama-sama Bapak Plt Gubernur menyaksikan kesiapan kita menghadapi fungsional saat lebaran," terangnya seperti mengutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Beni menambahkan, ketika pemudik melintasi Tol Batang Semarang secara fungsional, mereka diminta untuk meningkatkan kehati-hatian, khususnya di Seksi IV karena masih banyak pengerjaan fisik.

"Kita usahakan dulu satu jalur dua lajur untuk pulang balik. Yang masih banyak pekerjaan itu ada di seksi IV. Ada makam, masjid dan beberapa rumah yang sudah dalam proses musyawarah, selain konsinyasi," tambahnya.

Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko meminta PT JSB untuk melengkapi rambu-rambu sementara dan pembatas demi menjamin keselamatan berkendara pemudik.

"Dari pihak proyek, Pak Beni (pimpinan proyek Tol Batang-Semarang) sudah merencanakan untuk (memasang) rambu-rambu sementara dan pembatas. Sehingga pengguna jalan tol yang sifatnya fungsional itu diperingatkan untuk tidak mengendarai terlalu kencang, karena kita tidak ingin ada musibah. Sehingga mereka bisa pulang kampung dengan keadaan selamat," jelasnya.

Heru membeberkan, pihaknya akan meninjau kembali Tol Batang-Semarang saat ramadan dan jelang lebaran mendatang. "Kita ingin memastikan bahwa pekerjaan dapat diselesaikan sesuai schedule. Nanti pertengahan Mei dan awal Juni kami akan cek lagi," jelas mantan bupati Purbalingga itu.

Usai meninjau Tol Batang Semarang, Plt Gubernur Heru dan rombongan juga meninjau progress pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani. Project Manager PT Angkasa Pura I, Toni Alam menjelaskan, pengerjaan paket 1 berupa lahan dan jalan akses dan pengerjaan paket 2 berupa apron dan taxiway telah tuntas. Kini pihaknya berupaya mempercepat pengerjaan paket 3 berupa terminal dan paket 4 (lanskap).

Toni menambahkan, per 8 April 2018, pengerjaan paket III sudah lebih dari 70% dan ditargetkan operasional pada awal Juni ini, khususnya untuk menyambut arus mudik lebaran. Semula, terminal eksisting yang ada seluas 6.708 m2, kemudian dikembangkan menjadi 58.652 m2. Apron juga diperluas, yang semula 29.032 m2 menjadi 72.522 m2.

"Sekarang kita kebut paket III dan paket IV dari lima paket pekerjaan yang ada. Untuk paket tiga terminal secara fisik sekitar 72%. Untuk operasional, kita harapkan bisa 80%," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.